Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Haul Seabad, Ribuan Santri Ikuti Ziarah Pendiri Madrasah Qudsiyyah Kudus

Haul Seabad, Ribuan Santri Ikuti Ziarah Pendiri Madrasah Qudsiyyah Kudus
Kudus, NU Online
Mengawali peringatan satu abad Madrasah Qudsiyyah Menara Kudus, ribuan santri mengikuti kegiatan Ziarah Muassis dan Masyayikh Madrasah Qudsiyyah di kompleks makam Menara dan Krapyak Kudus, Sabtu (2/4) pagi. Mereka mengawali rangkaian ziarahnya di makam Pendiri Madrasah Qudsiyyah KHR Asnawi Kudus di kompleks makam Menara Kudus.

Ziarah dilanjutkan di makam masyayikh Qudsiyyah seperti alm KH Yahya Arif, KH Ma'ruf Asnawi, KH Noor Yasin Djalil, KH Mahfudz Noor di Makam Krapyak Kudus.

Kegiatan Ziarah Muassis dan Masyayikh Qudsiyyah dipimpin langsung oleh Al-Mudirul 'Am Madrasah Qudsiyyah KH Noor Halim Ma'ruf dan juga diikuti oleh kiai, guru, santri, dan alumni Qudsiyyah.

Sekretaris panitia Dr Abdul Jalil mengatakan bahwa kegiatan ziarah ini merupakan pembuka atas rangkaian kegiatan satu abad Qudsiyyah.

"Mengawali seluruh ragkaian satu abad Qudsiyyah, seluruh siswa, guru, dan alumni ziarah ke muassis (pendiri) dan masyayikh (para sesepuh) di kompleks makam kangjeng Sunan Kudus," ujarnya.

Lebih lanjut, jelas Jalil, kegiatan ini merupakan bentuk kelanjutan dakwah KHR Asnawi Kudus. "Acara ini dimaksudkan untuk menyambungkan spirit perjuangan dan pembelajaran antargenerasi," tandasnya.

Madrasah Qudsiyyah Menara Kudus merupakan madrasah salaf yang didirikan oleh KHR Asnawi Kudus, salah satu tokoh pendiri Nahdlatul Ulama dari Kudus. Madrasah ini resmi berdiri pada tahun 1337 H. (Yusrul Wafa/Alhafiz K)

Posisi Bawah | Youtube NU Online