Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Himpunan Pengusaha Muda Berbagi Tips Wirausaha dengan Komunitas Mata Air Jepara

Himpunan Pengusaha Muda Berbagi Tips Wirausaha dengan Komunitas Mata Air Jepara
Jepara, NU Online
Sekretaris Himpunan Pengusaha Muda (Hipmu) Kabupaten Jepara Abdul Kholik menyampaikan pemahaman serta tips berwirausaha kepada anggota Mata Air Jepara. Kegiatan yang dilaksanakan, Ahad (10/4) ini diikuti oleh pengurus dan anggota Mata Air perwakilan dari angkatan pertama 2011 hingga terakhir 2015.

Pengusaha sukses sekaligus pemilik Caffe De Java ini mengatakan bahwa untuk menjadi wirausaha muda perlu mengerti berbagai cara. “Kita tidak boleh berpikiran lurus. Jika sekarang berkuliah di prodi pendidikan, belum tentu kita nanti menjadi guru. Perlu cara kreatif untuk survive di masa sekarang,” katanya.

Selain itu, restu dari orang tua juga sangat menentukan keberhasilan setiap usaha yang kita bangun. “Sebelum berusaha kita harus dahulukan untuk meminta restu kepada orang tua, dan fokus pada pekerjaan yang ada saat ini,” jelas alumni Sospol UGM ini.

Untuk memperluas usaha juga mesti sejalan dengan ikhtiar kita dalam menjalin sebuah jaringan. “Memperluas pertemanan itu sangat penting untuk menguatkan usaha kita, yang tidak kalah penting adalah bersedekah,” tambahnya.

Pembina Mata Air Kabupaten Jepara Adib Khoiruzzaman menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pembinaan Mata Air kepada alumninya agar memiliki keterampilan yang mumpuni.

“Kita tidak hanya mengantarkan mereka ke perguruan tinggi negeri favorit, namun juga membekali mereka untuk dapat menjadi manusia mandiri yang membawa manfaat untuk lingkungan masyarakat,” pungkasnya. (Rif’ul Mazid Maulana/Alhafiz K)

Posisi Bawah | Youtube NU Online