IMG-LOGO
Nasional

Kemenag Bangun Moderatisme Lewat Perkemahan Wirakarya Mahasiswa PTK


Rabu 20 April 2016 18:03 WIB
Bagikan:
Kemenag Bangun Moderatisme Lewat Perkemahan Wirakarya Mahasiswa PTK
Kanan ke kiri: Amsal Bakhtiar, Kamaruddin Amin, dan Nur Alim.
Jakarta, NU Online
Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI terus berupaya membangun kualitas pemahaman agama yang baik meliputi kebersamaan, moderatisme, gotong royong, dan kemandirian. Nilai-nilai tersebut akan diwujudkan melalui kegiatan Perkemahan Wirakarya (PW) Nasional Mahsiswa Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK). Kegiatan ini akan bergulir di IAIN Kendari Sulawesi Tenggara pada tanggal 16-22 Mei 2016 mendatang.

Dalam jumpa pers, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI Kamaruddin Amin menegaskan bahwa PW PTK ini merupakan salah satu instrumen untuk membangun jiwa kebersamaan dan kemandirian di antara seluruh generasi bangsa.

“Apalagi kegiatan ini pertama kali melibatkan perguruan tinggi non-Islam selama 13 tahun penyelengaraannya. Tentu hal ini langkah yang sangat strategis untuk membangun jiwa kemandirian, kebersamaan, dan kegotong-royongan,” ujar Kamaruddin.

Melalui kegiatan Pramuka ini, lanjut Guru Besar UIN Alauddin Makassar ini, PTK bisa memaksimalkan perannya sebagai penjaga nilai-nilai keindonesiaan terutama untuk membendung ekstremisme dan paham radikal di kampus.

“Secara nyata, perkemahan ini sebagai instrumen mewujudkan Islam moderat sekaligus mempromosikan Islam damai dan toleran,” tegas Kamaruddin.

Sementara itu, Rektor IAIN Kendari Nur Alim menjelaskan, dalam kegiatan bertajuk Merajut Harmoni, Berkarya untuk Negeri ini pihaknya sebagai tuan rumah menyajikan kegiatan-kegiatan menarik unruk membangun harmoni melalui berbagai karya para Pramuka Pandega dan Dewan Racana.

“Apalagi PW PTK tahun ini berbeda dari sisi peserta, sebab kita melibatkan perguruan tinggi non-Islam dan perguruan tinggi umum di Kota Kendari, bahkan para mahasiswa asing juga beberapa kita undang,” terang Nur Alim.

Melalui kegiatan Pramuka ini, lanjutnya, mahasiswa akan diarahkan secara dominan dalam keterlibatannya dengan problem-problem di tengah masyarakat. “Artinya berbasis sosial kemasyarakatan. Ini sesuai dengan poin-poin yang terdapat di Tri Darma Perguruan Tinggi maupun Dasa Darma Pramuka,” ujar Nur Alim.

Hadir juga dalam jumpa pers ini Direktur Pendidikan Tinggi Islam Amsal Bakhtiar dan Kasubdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan Diktis Siti Sakdiyah. Kegiatan PW PTK ini akan dihadiri kurang lebih 1.500 Pramuka Pandega dari PTK se-Indonesia. (Fathoni)

Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG