Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

NU Jepara Luncurkan Program Kirim Doa via SMS untuk Ahli Kubur, Seperti Apa?

NU Jepara Luncurkan Program Kirim Doa via SMS untuk Ahli Kubur, Seperti Apa?
Jepara, NU Online 
PCNU Jepara 11 April 2016 lalu resmi meluncurkan program kirim doa untuk ahli kubur via sms. Program ini berawal dari tradisi NU yakni haul massal yang kerap digelar bertatap muka langsung dengan panitia lewat menyetorkan nama. 

Di era teknologi seperti sekarang ini, PCNU Jepara yang dinahkodai KH Hayatun Abdullah Hadziq mencari cara agar mengirim doa untuk ahli kubur tidak harus face to face. Alhasil terbentuklah program yang baru berjalan dua pekan ini. 

Program ini menurut Sekretaris PCNU Jepara, H Ulul Abshor juga ingin membidik kalangan menengah ke atas. 

“Kalangan menengah ke atas yang sudah super sibuk biasanya sudah tidak perhatian untuk mendoakan kelaurganya yang sudah meninggal. Padahal mereka masih punya keinginan mendoakan keluarganya. Nah, program ini sebenarnya untuk membidik mereka,” urainya saat ditemui NU Online, Kamis (21/4). 

Hasilnya, program ini sudah mendapat respon dari khalayak. Pengirim sms yang keluarganya ingin didoakan tidak hanya dari Jepara saja. Tetapi luar bumi Kartini juga ada misalnya Yogyakarta, Klaten, Kendal dan Banyuwangi. 

Program ini, lanjut lelaki yang kerap disapa Luluk ini, menggandeng salah satu provider yakni Telkomsel. Gagasan PCNU Jepara yang kemudian diaplikasikan Telkomsel ini menjadi program doa untuk ahli kubur via sms. Sehingga pihaknya menegaskan program yang dijalankannya ialah resmi. Ada legalitasnya. 

Siapa saja, lanjut Luluk, boleh mengikuti program ini. Tidak hanya dikhususkan warga NU Jepara saja. Ia yang menjadi salah satu penjaga server program ini mengemukakan, dalam sehari ada 5-10 sms yang masuk. 

Untuk mengikuti program ini caranya ketik sms kirim ke 97080. Dengan format: NUJPR (spasi) Nama Arwah. Contoh: NUJPR H Rifai bin Dahlan Jakarta. 

Jika format sms benar maka aka nada jawaban server: “[Rp0] Anda akan mengikuti program kirim doa. Tarif sms Rp 5500/sms. Balas “OK” untuk melanjutkan. CS: 02127510229. 

Setelah balas “OK” Anda akan mendapatkan notifikasi seperti ini. “[Rp5500] Terima kasih sudah mengikuti program kirim doa ini. Semoga amal ibadah kita diterima Allah SWT. CS: 02127510229. 

Saat ini, program ini satu sms hanya berlaku untuk satu arwah. Dan juga hanya berlaku untuk kartu Simpati, As dan Halo. 

Pihaknya mengaku program ini masih perlu banyak sosialisasi sehingga harapannya akan diketahui oleh banyak orang. Juga belum bisa melayani seluler yang lain karena mesti mengeluarkan budget yang besar. 

Nama-nama arwah yang sudah masuk ke server, setiap selapan sekali akan didoakan pada huffadz bersamaan dengan selapanan khatmil quran Jamiyyah Qurra’ wal Huffadz Nahdlatul Ulama (JQHNU) Cabang Jepara. (Syaiful Mustaqim/Fathoni)     

Posisi Bawah | Youtube NU Online