IMG-LOGO
Nasional

Kongres Akhir Bulan, Sarbumusi Soroti Kasus Perburuhan di PT Chevron


Selasa 26 April 2016 14:02 WIB
Bagikan:
Kongres Akhir Bulan, Sarbumusi Soroti Kasus Perburuhan di PT Chevron
Jakarta, NU Online
Sarikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) akan mengeluarkan beberapa rekomendasi yang berkaitan dengan ketenagakerjaan secara umum termasuk kasus PHK oleh PT Chevron. Rekomendasi sarikat buruh NU ini akan dibahas dalam Kongres Akbar V di Auditorium Balai Besar Pengembangan dan Perluasan Kerja (BPPPK) Kemenaker RI Jalan Raya Lembang No 222, Bandung Barat.

"Karena ini menyangkut harkat dan martabat bangsa Indonesia. PT Chevron melakukan PHK secara sepihak, hari ini masih ada buruh-buruh yang tertindas di negaranya sendiri bahkan dilakukan oleh perusahaan asing," kata Ketua panitia Kongres V Sarbumusi Baitul Khoeri di Kantor DPP Sarbumusi, Jalan Raden Saleh, Jakarta, Senin (25/4).

Kongres ini akan berlangsung pada Sabtu-Ahad (30/4-1/5). Kongres ini akan berakhir bertepatan dengan Hari Buruh Internasional.

"Insya Allah, sudah siap semua, tinggal pelaksanaannya saja," kata Baitul usai rapat panitia di Lantai 2 Kantor Sarbumusi.

Kongres V ini akan diikuti oleh para pengurus cabang dan wilayah Sarbumusi se-Indonesia. Sesi pembukaan acara ini rencananya akan dihadiri oleh beberapa tokoh di antaranya adalah Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Menteri Tenaga Kerja RI Hanif Dakhiri. Secara resmi kegiatan lima tahunan ini akan dibuka oleh Ketua Umum NU KH Said Aqil Siroj.

Sebagaimana diketahui, Sarbumusi merupakan badan otonom NU yang bergerak di sektor perburuhan. Sarekat ini didirikan pada 27 September 1955. Pada perkembangan selanjutnya Sarbumusi dibekukan oleh rezim Orde Baru. Sabumusi ini dihidupkan kembali saat reformasi bergulir pada tahun 1998. (Aiz Luthfi/Alhafiz K)

Bagikan:
IMG
IMG