IMG-LOGO
Daerah

Bagi Ansor dan Banser, 1 Juni Momentum Penegasan Komitmen Setia Pancasila


Kamis 2 Juni 2016 11:03 WIB
Bagikan:
Bagi Ansor dan Banser, 1 Juni Momentum Penegasan Komitmen Setia Pancasila
Lampung Utara, NU Online
Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor dan Satuan Koordinasi Cabang Barisan Ansor Serbaguna (Satkorcab Banser) Lampung Utara menggelar Apel Kesetiaan Pancasila dan NKRI sebagai tindak lanjut arahan Pimpinan Pusat GP Ansor. Kegiatan berlangsung di Lapangan Negara Batin 2 Kecamatan Sungkai Utara Kabupaten Lampung Utara, Rabu (1/6).

Apel Kesetiaan dalam rangka memperingati hari lahir pancasila yang ditetapkan pada tanggal 1 juni, merupakan intruksi dari PP GP Ansor guna meyikapi perkembangan gerakan-gerakan organisasi radikal yang ingin mengganti ideologi Pancasila dan NKRI. 

Bertindak selaku inspektur Ketua PC GP Ansor Lampung Utara Masir Ibrahim mengatakan, Peringatan Hari Lahir Pancasila ini merupakan momentum penting untuk penegasan kembali komitmen  kita pada Pancasila.

"Hari ini tepat 1 Juni 2016 yang bertepatan dengan hari lahirnya pancasila, dimana dasar negara Indonesia beberapa tahun silam dirumuskan oleh para pendiri bangsa. Dasar Negara di mana Pancasila mengandung maksud sebagai pemersatu bangsa Indonesia yang merupakan negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau dari Sabang sampai Merauke," katanya.

Apel Kesetiaan Pancasila diikuti 462 peserta, terdiri dari PC-PAC GP Ansor dan Anggota Banser, Para Kiai, Asatidz, dan Asatidzah, Muslimat NU, Pagar Nusa, IPNU, Linmas, TNI, Polres, serta delegasi dari berbagai elemen masyarakat dan ormas kepemudaan setempat.

Senada dengan Masir Ibrahim, Sekretaris PC GP Ansor Lampung Utara Hidrikal Mukrom mengatakan, Hari Lahir Pancasila adalah hari dimana Pancasila pertama kali diperdengarkan kepada umum.

"Pada 1 Juni 1945 lalu Soekarno mengusulkan nama dasar negara kita dengan nama Pancasila, sedangkan Hari Kesaktian Pancasila adalah hari dimana pancasila dianggap sebagai dasar negara yang tak tergantikan dan berhubungan dengan kasus G30S/PKI," pungkasnya. (Disisi Saidi Fatah/Fathoni)

Tags:
Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG