IMG-LOGO
Daerah

Aswaja NU Center Jombang Beri Pendampingan Para Lansia

Sabtu 11 Juni 2016 15:2 WIB
Bagikan:
Aswaja NU Center Jombang Beri Pendampingan Para Lansia
Jombang, NU Online
Pengurus Aswaja NU Center Jombang selama bulan Ramadhan turun ke lapangan memberikan pendidikan keagamaan terhadap para lansia. Setiap Senin dan Kamis mereka menyapa para lansia di Panti Wredha, Timur Ringin Contong.

Sebagian para lansia tersebut adalah para mbah yang ditemukan di jalanan, yang tidak diketahui asalnya, juga dari keluarga mana.

Ketua Aswaja NU Center Jombang Yusuf Suharto mengatakan, selama ini para lansia itu terkesan kurang disentuh oleh para pendakwah. "Bahkan tempat panti Jompo ini juga kurang dikenal," katanya. Sabtu, (11/6).

Padahal, kata Yusuf, Islam mengajarkan kesetaraan dan tidak membeda-bedakan salah satu kalangan di masayarakat. "Kita mengenalkan bahwa Islam itu menyapa seluruh kalangan dan merupakan agama yang mudah, moderat, dan rahmat," tuturnya.

Sedangkan metode dan materi yang diberikan kepada mereka adalah sesederahana mungkin dan menyentuh langsung kepada kebutuhan keseharian mereka. “Tema ibadah keseharian, tentang puasa Ramadhan, dan juga materi tasawuf praktis," ujarnya.

Karena sudah lansia dan sepuh, para lansia yang tidak kuat duduk lesehan dipersilakan duduk di kursi, tambahnya. (Syamsul Arifin/Alhafiz K)

Tags:
Bagikan:
Sabtu 11 Juni 2016 20:5 WIB
Besok Subuh, Pengajian Tafsir Al-Qur'an di Masjid Menara Kudus Dimulai
Besok Subuh, Pengajian Tafsir Al-Qur'an di Masjid Menara Kudus Dimulai
Kudus, NU Online
Pengurus Yayasan Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus (YM3SK) mengumumkan pengajian kitab Tafsir Al-Qur'an yang diasuh Mustasyar PBNU KH Ahmadi Sya'roni pada bulan Ramadhan ini akan dimulai Ahad (12/6) pagi. Kabar baik ini disambut gembira masyarakat setempat.

"Insya Allah, pengajian Tafsir Al-Qur'an bersama Mbah Sya'roni akan mulai pada hari puasa ketujuh atau Ahad fajar (12/6) besok," kata Ketua YM3SK KH Najib Hasan dalam pembukaan acara Darusan Umum Masjid Menara Kudus, Rabu (8/6).

Para jamaah memendam kerinduan akan pencerahan pitutur ilmu agama dari kiai kharismatik ini. Lantaran sejak KH Syaroni Ahmadi jatuh sakit sepulang menunaikan ibadah umrah di Mekkah dua bulan lalu, pengajian rutin yang diasuhnya libur total.

"Alhamdulillah, saya senang sekali mendengar Mbah Sya'roni akan mengisi pengajian lagi. Semoga beliau diberi kesehatan dan umur panjang," ujar salah satu jamaah asal Kudus, Ahmad Azizi.

Menurut Azizi, ceramah-ceramah pengajian mbah Sya'roni sangat mencerahkan dan menyejukkan hati. Azizi selalu meluangkan waktu mengikuti pengajian tafsir rutin Jum'at fajar di Masjid Menara Kudus.

"Selama tidak ada udzur, saya selalu datang mendengarkan pengajian beliau," imbuh pria yang juga aktivis GP Ansor kepada NU Online.

Biasanya, pengajian tafsir Al-Qur'an di Masjid Menara rutin digelar setiap Jum'at fajar. Untuk bulan Ramadhan, pengajian diadakan setiap  hari. Pengajian diikuti ribuan jamaah yang berasal dari Kudus, Jepara, Pati, Demak, dan daerah lainnya. (Qomarul Adib/Alhafiz K)

Sabtu 11 Juni 2016 17:1 WIB
Khofifah Lantik Pengurus Baru Muslimat NU DKI Jakarta
Khofifah Lantik Pengurus Baru Muslimat NU DKI Jakarta
Jakarta, NU Online
Bertempat di Balai Agung Kantor Gubernur DKI Jakarta, Pengurus PW Muslimat NU DKI Jakarta periode 2016-2021 resmi dilantik oleh Ketua Umum PP Muslimat NU yang juga Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, Jumat (10/6).

Acara juga dihadiri Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat serta Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta yang juga ketua PWNU DKI Jakarta, Saefullah.

Mengawali Sambutan, Hizbiyah Rochim, Ketua PW Muslimat NU DKI Jakarta, melaporkan hasil Konferwil dan beberapa rekomendasi dalam penguatan kapsitas anggota dan kader melalui majlis taklim, PAUD dan pemberdayaan ekonomi dengan pembentukan koperasi. 

Sedangkan, Khofifah dalam sambutannya mengajak hadirin melakukan doa bersama untuk mendiang petinju muslim legendaris dunia, Muhammad Ali yang hari ini bertepatan dimakamkan. "Ketokohan Muhammad Ali diakui dunia sebagai simbol tokoh perdamaian dan keberagaman," katanya.

Selain pelantikan, acara juga diiringi deklarasi Laskar Antinarkoba. Setelah deklarasi selanjutnya para laskar akan mendapatkan bimtek konselor, motivator dan penyuluhan.

"Laskar Antinarkoba ini sebagai ujung tombak melawan penyalahgunaan Napza (narkotika, psikotropika dan zat adiktif lain)," katanya.

Tak hanya ikhtiar lewat pembentukan laskar, Khofifah juga mengajak jamiyah untuk meriyadhoi anak-anak dan keluarga sebagai upaya spiritual melindungi dari ancaman penyalahgunaan narkoba. “Karena godaan di luar begitu besar," tambahnya.

Ketua PWNU DKI Jakarta, Saefullah mengatakan akan terus melakukan konsolidasi ke-6 wilayah kota dan kabupaten bersama Muslimat NU menyelesaikan permasalahan umat. NU di ibukota harus mampu menjawab tantangan zaman.

Sementara Wagub Djarot Saiful Hidayat menyambut baik pembentukan Laskar Antinarkoba dan mengajak Muslimat NU untuk menyelesaikan bersama-sama problematika masyarakat, khususnya di DKI Jakarta.

“Narkoba sudah menjalar di segala lingkungan, mulai dari tentara, dosen, mahasiswa, pelajar, tukang ojek, pengguna narkoba tersebar dari lapisan umur. Tetapi yang kita hadapi sekarang adalah pengguna sedangkan pabriknya belum terselesaikan. Muslimat NU dapat menjadi obor dan pelita untuk mengisi jiwa-jiwa yang kosong, Muslimat NU dibutuhkan untuk memasuki ruang keluarga memberikan pengaruh positif tidak hanya secara lahiriah tapi juga batiniah (jiwa),” katanya. (Red: Fathoni)

Sabtu 11 Juni 2016 12:46 WIB
Bazar Sembako GP Ansor Gebog Menarik Perhatiaan Warga
Bazar Sembako GP Ansor Gebog Menarik Perhatiaan Warga
Kudus, NU Online
Bazar sembako murah yang dilaksanakan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Gebog Kudus menarik perhatian warga masyarakat. Pada putaran ketiga, Jumat (10/6) di halaman Mushola Baitus Shofa Dukuh Ngaringan Desa Klumpit Gebog, Kudus itu. Ratusan warga baik, anak-anak maupun orang tua berdatangan memadati arena bazar.

Seperti malam sebelumnya, bazar yang menjadi rangkaian kegiatan tarawih keliling pengurus GP Ansor ini menjajakan berbagai pakaian hem, kemeja dan paket sembako murah berisi beras, minyak dan gula. Selama satu jam, mereka menjajakan dagangaan di atas mobil Ansor. Warga-pun rela antri membeli sembako yang di banderol dengan harga di bawah pasaran.

Salah seorang warga, Aminah menyatakan kegembiraannya adanya bazar Ansor ini. Menurutnya, adanya bazar sangat membantu warga yang membutuhkan. Apalagi harganya sangat murah di bawah harga pasar. 

"Kalau bisa kegiatan bazar tidak hanya sekali ini saja, tetapi nanti jelang lebaran diadakan lagi. Usahakan barang yang jual beragam terutama untuk kebutuhan lebaran," harapnya.

Sekretaris PAC GP Ansor Gebog Ali Maghfuri merasa gembira melihat antusiasme warga. Ia tidak mengira putaran ketiga dibanjiri ratusan warga. "Untung, barang yang disiapkan sangat banyak sehingga bisa melayani semua warga yang membutuhkan," katanya.

Pada putaran ketiga ini, jelasnya, pihaknya menambah stok barang dan menggandeng sejumlah pengurus Ansor yang memiliki usaha. "Ini sesuai harapan Ansor, Bazar untuk memberdayakan kemandirian ekonomi anggota, kader dan pengurus Ansor," imbuh Ali.

Sebagaimana di ketahui, PAC GP Ansor Kecamatan Gebog mengadakan tarawih keliling di 11 desa mulai tanggal 6-22 Juni 2016 mendatang. Kegiatannya, tarawih bersama, ngaji kitab dan bazar. Tujuannya, disamping mengisi kegiatan ramadhan, juga untuk mengenalkan Ansor di tengah masyarakat serta membantu warga yang membutuhkan keperluan sembako. (Qomarul Adib/Fathoni)

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG
IMG