IMG-LOGO
Daerah

Zakat Wajib untuk Muzakki, Infak dan Sedekah Semua Orang

Selasa 28 Juni 2016 15:4 WIB
Bagikan:
Zakat Wajib untuk Muzakki, Infak dan Sedekah Semua Orang
Ketua PCNU Kabupaten Sukabumi KH R. Abdul Basith
Sukabumi, NU Online
Ketua PCNU Kabupaten Sukabumi KH R. Abdul Basith mengatakan, rukun Islam yaitu syahadat, shalat, puasa, dan ibadah haji diajarkan kepada anak sejak kecil dan dihafal di sekolah. Namun, ada satu rukun Islam yang kadang lupa diperkenalkan untuk dipraktikkan, yaitu zakat.

“Padahal itu tiga aspek yang harus dimiliki masyarakat di antaranya zakat. Juga infak, dan sedekah,” katanya pada silaturahim PCNU Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dan buka puasa bersama dengan Bupati Sukabumi H Marwan Hamami di Pondok Pesantren Al-Amin Cicurug Senin (27/6)

Di antara yang disebut Kiai Basith, pengambilan zakat telah ditetapkan dan diatur pemerintah melalui Baznas. Jika zakat khusus dilakukan untuk orang kaya (muzakki), tapi infak dan sedekah bisa dilakukan semua orang, termasuk orang miskin.

Ia mencontohkan apa yang telah dijalankan di Desa Nangerang, Cicurug, warga masyarakat yang kaya dan miskin mengeluarkan uang Rp 500 per hari. Hasilnya mencengangkan, dalam sebulan bisa mengumpulkn uang Rp 28 juta.

“Di Kecamatan Cicurug Sukabumi baru berjalan 8 desa dari 12 desa. Ini akan menjadi target pemerintah kecamatan pada tahun 2016 sudah berjalan di 12 desa se-Kecamatan Cicurug,” tambahnya pada kegiatan bertema "Merajut silaturahim antara ulama dan umaro dalam rangka mewujudkan Kabupaten Sukabumi yang religius dan mandiri”.

Manfaat dari sedekah tersebut, menurut dia, yaitu dari masyarakat oleh masyarakat dan untuk masyarakat. Dana yang terkumpul tersebut digunakan untuk bidang kesehatan, beras miskin, penerangan jalan, membayar rekening listrik masjid, majelis ta’lim, mushola, sumbangan dana kematian dan kegiatan sosial lainnya.

Hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi H. Agus Mulyadi, Ketua MUI Kabupaten Sukabumi KH M.Komarudin, Kepala Kemenag Kabupaten Sukabumi H. Hilmy Riva’i, Camat Cicurug Gunawan, dan lain-lain.

Pada kesempatan itu PCNU bekerja sama dengan Baznas Kabupaten Sukabumi menyerahkan santunan kepada 150 paket sembako jompo dan fafkir miskin Desa Nanggerang. Secara simmbolis, santunan diserahkan Bupati Sukabumi. (Sofyan Syarif/Abdullah Alawi)

Bagikan:
Selasa 28 Juni 2016 23:2 WIB
Musabaqah Tilawah Al-Quran Tutup Safari Ramadhan PWNU DKI Jakarta
Musabaqah Tilawah Al-Quran Tutup Safari Ramadhan PWNU DKI Jakarta
Jakarta, NU Online
Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta menggelar musbaqah tilawatul quran di Kampung Sungai Kendal, Rorotan, Cililcing, Jakarta Utara, Ahad (26/6) sore. Mereka menyeleksi peserta yang umumnya masih berusia setingkat SMP-MTs. Musbaqah ini menjadi penutup rangkaian Safari Ramadhan PWNU DKI Jakarta ke cabang-cabang NU di Jakarta.

Peserta musabaqah terdiri atas pelajar utusan cabang NU se-DKI Jakarta. Musabaqah ini diadakan dalam rangka mencetak kader-kader NU yang Qurani.

“Kita ingin mempersiapkan masyarakat NU Jakarta ke depan dekat dengan Al-Quran,” kata Ketua Panitia Safari Ramadhan PWNU DKI Jakarta KH Munahar Mukhtar.

Sementara Ketua PWNU DKI Jakarta H Saefullah berterima kasih kepada segenap pengurus cabang NU dan masyarakat Nahdliyin yang berkenan hadir buka puasa bersama pada penutupan safari di kediamannya.

“Terima kasih banyak kepada semuanya. Saya memohon doa semua hadirin agar urusan saya baik sebagai Ketua NU DKI Jakarta maupun sebagai Setda DKI Jakarta ke depan dilancarkan,” kata H Saefullah. (Alhafiz K)

Selasa 28 Juni 2016 21:1 WIB
Madrasah Ini Himpun Zakat Fitrah Hingga 3 Ton Beras
Madrasah Ini Himpun Zakat Fitrah Hingga 3 Ton Beras
Brebes, NU Online
MTs Negeri 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah berhasil menghimpun zakat fitrah sebanyak 3 ton dari para siswanya sepanjang Ramadhan 1437 Hijriyah. Pengumpulan zakat dilakukan sebagai selain sebagai perwujudan menunaikan rukun Islam, tapi juga sebagai pembelajaran sejak dini.

"Suda menjadi tradisi bagi madrasah kami, setiap tahun menghimpun zakat fitrah dari para siswa, guru dan karyawan," ujar Kepala MTs N 1 Ketanggungan Marpau di sela pengumpulan zakat di sekolah setempat, Selasa (28/5).

Marpau menjelaskan, para siswa secara sukarela mengumpulkan zakatnya kepada pengurus OSIS sebagai pelaksana program. Melalui zakat fitrah, para siswa bisa memetik pelajaran secara langsung akan arti makni kehidupan bermasyarakat. Para siswa nantinya, akan menghimpun, mengemas kembali dan menyalurkan pada masyarakat yang membutuhkan. “Bila anak-anak sudah bisa belajar langsung tentang pengadministrasian dan penyaluran zakat, maka ketika terjung ke masyarakat tidak lagi canggung,” kata Marpau.

Pengumpulan zakat tahun ini, lanjutnya, tergolong menurun dibandingkan dengan tahun lalu. Karena tahun ini bertepatan dengan libur kenaikan tingkat. Sehingga anak-anak banyak yang sungkan ke sekolah.

Untuk pembagian zakat, kata Marpau, akan dilakukan pada malam hari raya sebagaimana kepercayaan masyarakat Ketanggungan. “Pada malam hari raya, para siswa yang berdomisili di sekitar Ketanggungan dengan bimbingan para guru, akan membagikan kepada para fakir miskin,” terangnya.

Selain pengumpulan zakat, sambungnya, di bulan Ramadhan ini Madrasah yang memiliki siswa 1.063 orang ini juga menggelar pesanteren kilat dan kajian islam. “Para siswa dan guru juga berlomba-lomba menggunakan fasilitas WA. WA di sini bukannya WhatsApp tapi dalam artian Wawasan Alquran,” pungkasnya. (Wasdiun/Fathoni)

Selasa 28 Juni 2016 20:0 WIB
Ansor Kuripan Kumpulkan dan Distribusikan Zakat kepada Mustahiq
Ansor Kuripan Kumpulkan dan Distribusikan Zakat kepada Mustahiq
Probolinggo, NU Online
Menjelang lebaran Hari Raya Idul Fitri 1437 H, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Kuripan Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur berbagi kebahagiaan dengan para fakir miskin. Upaya itu dilakukan dengan cara mengumpulkan zakat fitrah dari semua pengurus dan mendistribusikannya kepada fakir miskin.

Dalam kegiatan ini PAC Ansor GP Ansor Kuripan berhasil mengumpulkan ratusan kilogram beras. Selanjutnya diberikan kepada fakir miskin masing-masing 5 kg ditambah uang sebesar Rp 20 ribu.

Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Kuripan Muhtar mengungkapkan zakat fitrah ini diberikan kepada sedikitnya 50 orang kaum dhuafa. “Dimana tujuannya untuk membantu meringankan beban kaum fakir miskin dalam rangka saling berbagi kebahagiaan di bulan suci Ramadhan dan menjelang lebaran,” katanya, Selasa (28/6).

Melalui pembagian zakat fitrah ini Muhtar mengharapkan agar masyarakat bisa tersenyum bangga dalam kebersamaan dalam bingkai Ramadhan yang penuh berkah. “Setidaknya kami bisa berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya.

Sementara Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Kabupaten Probolinggo Muchlis menyambut baik apa yang dilakukan oleh PAC GP Ansor Kuripan. “Diharapkan kegiatan semacam ini bisa menjadi motivasi bagi yang lain agar bersama-sama berbuat untuk kepentingan masyarakat, terutama dari kalangan kurang mampu,” katanya. (Syamsul Akbar/Fathoni)

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG