IMG-LOGO
Trending Now:
Daerah

Pergunu Sumsel Bekali Guru melalui Pelatihan dan Beasiswa

Kamis 30 Juni 2016 8:24 WIB
Bagikan:
Pergunu Sumsel Bekali Guru melalui Pelatihan dan Beasiswa
Palembang, NU Online
Kabar gembira bagi warga Nahdhatul Ulama di Sumatera Selatan yang berprofesi sebagai guru. Kini, telah terbentuk Persatuan Guru Nahdhatul Ulama (Pergunu) di wilayah setempat. Salah satu badan otonom (banom) NU ini diharapkan menjadi wadah Nahdliyin untuk mengabdi lebih luas lagi ke masyarakat.

"Pergunu ini mewadai orang NU yang berprofesi guru, baik di lingkungan Dinas Pendididikan dan Kemenag. Mulai dari tingkatan RA/TK, MI/SD, MTS/SMP, SMA/MA dan sampai perguruan tinggi, negeri maupun swasta," kata ketua Pergunu Sumsel H Ahmad Zainuri saat ditemui di UIN Raden Fatah Palembang, Rabu (29/6)

Zainuri menjelaskan, Pergunu ini merupakan banom NU yang berbasis profesi. Program kerja utamanya adalah memfasilitasi para guru NU untuk menjalankan profesinya dengan benar. "Terutama mengajarkan ke-NU-an kepada generasi, baik di madrasah maupun di lingkungan masyarakat sekitar, bisa saja guru ngaji di majelis taklim," papar Zainuri.

Ia menjelaskan, untuk mencapai tujuan tersebut pihaknya bakal menggelar pelatihan kepada guru, dan turun langsung memberikan bimbingan untuk kenaikan pangkat golongan, pembuatan karya ilmiah dan lainnya. "Tidak hanya kita yang mengadakan pelatihan, tapi kita siap diminta turun jika diinginkan," tuturnya.

Selain itu, lanjut mantan kepala sekolah MAN 3 Palembang ini, meningkatkan kualitas guru pihaknya bakal menyalurkan beasiswa. Bahkan secara khusus telah memiliki jatah 3 beasiswa menjadi guru, untuk kuliah S1 sampai S3 tanpa jeda.

"Tahun ini sudah kami kirim 3 orang, 2 di antaranya melalui wawancara dari Ponpes Sabilul Hasanah dan keturunan Ki Marogan meliputi beasiswa asrama, kuliah dan makan. Sementara transportasi biaya sendiri," ungkapnya.

Masih menurut Zainuri, saat ini pengurus sedang menyiapkan pelantikan pasca keluarnya SK dari pusat. Rencananya, pelantikan digelar bulan September nanti, berbarengan dengan pengurus kabupaten/kota. "Pelantikan nanti di kota Palembang, mengenai tempat masih dirapatkan rencananya akan audiensi terlebih dahulu dengan Pemprov Sumsel," pungkasnya. (Abdul Malik Syafei/Mahbib)

Bagikan:
Kamis 30 Juni 2016 23:4 WIB
Isi Ramadhan, Pelajar NU Ciwaringin Berbagi Takjil dan Buka Stand Buku
Isi Ramadhan, Pelajar NU Ciwaringin Berbagi Takjil dan Buka Stand Buku
Cirebon, NU Online
Ramadhan yang penuh hikmah ini dimanfaatkan oleh Pelajar NU di Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon untuk berbagi dengan masyarakat. Mereka berbagi takjil dengan masyarakat dan membuka stan buku bacaan untuk masyarakat.

Menurut Ketua IPNU Ciwaringin M Habibi, kegiatan dibagi dalam dua tahap. Pertama, kerja sama dengan Club Motor Moonraket pada 23 Juni. Kedua, kerja sama dengan Pemerintah Kecamatan Ciwaringin.

"Alhamdulillah, tadi kita baksos berjalan dengan lancar. Dukungan dari camat, danramil, para kiai, dan sesepuh Ciwaringin sangat membuat kami semangat dalam berbagi," kata Habibi kepada NU Online di pendopo kecamatan setempat, Rabu (28/6).

Buku-buku stand baca ini berasal dari berbagai perpustakaan di Ciwaringin.

"Dengan terselenggaranya kegiatan ini, kita bisa terus belajar bersama dalam segala hal dan bisa melahirkan itikad-itikad yang baik dalam masyarakat," harap Habibi.

Sementara itu Ketua IPPNU Ciwaringin Indah Sari menjelaskan, selain baksos pihaknya juga mengadakan kegiatan tadarus keliling dari desa ke desa. Diawali dari desa Bringin, Gintung Kidul, Babakan, Gintung Tengah, Gintung ranjeng, Budur, Ciwaringin dan yang terkahir di desa Galagamba.

"Seluruh kegiatan yang dimulai dari 8 Juni sampai 28 Juni ini merupakan komitmen yang bagus bagi para anggota dan kader IPNU-IPPNU," kata Indah.

Sebagai penutup, Habibi dan Indah menegaskan bahwa seluruh kegiatan yang dilakukan sebagai wujud solidaritas dan kepedulian terhadap masyarakat yang menjalankan ibadah puasa.

"Juga untuk mengukur loyalitas dari setiap pengurus anak cabang dan ranting IPNU-IPPNU," tandas Habibi didampingi Indah. (Ayub Al-Ansori/Alhafiz K)

Kamis 30 Juni 2016 22:6 WIB
Akhir Ramadhan,LAZISNU Surabaya Percepat Salurkan Zakat dan Infaq Anak Yatim
Akhir Ramadhan,LAZISNU Surabaya Percepat Salurkan Zakat dan Infaq Anak Yatim
Surabaya, NU Online
Beberapa hari mendekati berakhirnya Ramadhan, berbagai lembaga amil zakat semakin giat menyalurkan dan infaq dan sedekah. Hal ini juga dilakukan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama (Lazisnu) Kota Surabaya. Lazisnu Surabaya memberikan santunan kepada anak yatim dalam program Santunan Yatim On The Road.

Ketua LAZISNU Kota Surabaya Yusuf Hidayat menjelaskan, pemberian santunan kepada anak yatim dalam program Santunan Yatim On The Road dilakukan di beberapa wilayah di Kota Surabaya. Pembukaan program ini berlangsung di JMP Mall beberapa waktu lalu.

"Kegiatan ini sengaja dipercepat untuk menyalurkan berbagai infaq dan sedekah di bulan Ramadhan yang sebentar lagi akan berakhir," ujar Yusuf Hidayat di kantor LAZISNU Surabaya, Kamis (30/6).

Kegiatan ini merupakan bentuk kewajiban LAZISNU karena lembaga ini memang bertugas untuk melakukan penghimpunan, distribusi, dan melaporkannya kepada para muzakki dan donatur. "Untuk itu ke depan kita optimistis gerakan kebangkitan zakat akan semakin semarak," tuturnya.

Ia berharap anak yatim bersama-sama mendoakan para muzakki dan donatur agar senantiasa diberi keberkahan hartanya. Kepedulian pada anak yatim dan kaum dhuafa harus menjadi kesadaran bersama untuk mewujudkan kesejahteraan dengan berpegang teguh pada prinsip keadilan.

Ia juga mengajak pada bulan suci Ramadhan ini terus memperbaiki kualitas diri. "Semoga amal ibadah kita diterima dan diberikan umur yang panjang dan bertemu kembali dengan bulan puasa yang akan datang," ungkapnya.

Sebelumnya Lazisnu Kota Surabaya menggelar berbagai kegiatan penyaluran dana di bulan Ramadhan ini diantaranya, renovasi mushala, pemberian bantuan pendidikan untuk masyarakat dhuafa, pemberian bantuan gerobak Ramadhan untuk membantu usaha, pemberian tak'jil on the road dan pemberian santunan anak yatim. (Red Alhafiz K)

Kamis 30 Juni 2016 21:2 WIB
Rebut NU Award Jatim, Bupati Apresisasi Kemenangan PCNU Blitar
Rebut NU Award Jatim, Bupati Apresisasi Kemenangan PCNU Blitar
Blitar, NU Online
Bupati Blitar Drs H Rijanto MM mengapresiasi terpilihnya Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Blitar sebagai  pemenang  NU Award PWNU Jatim 2016. Menurutnya, prestasi ini tidak hanya keberhasilan warga NU Blitar, tetapi juga keberhasilan masyarakat Blitar secara umum.

Alhamdulillah, kami ucapkan selamat kepada PCNU yang berhasil terpilih sebagai pemenang NU Award tahun ini,” kata Rijanto saat memberikan sambutan pada acara buka bersama bersama tokoh agama dan masyarakat se-Kabupaten Blitar di pendapa Kabupaten, Rabu (29/6).

Keberhasilan tentunya harus menjadi motivasi NU Blitar untuk meningkatkan kinerja dan pengabdiannya kepada umat.

“Salah satu item penilaiannya adalah pelayanan organisasi kepada umat, juga bagaimana kerja samanya dengan semua pihak termasuk dengan pemerintah. Sampean yang hadir tahu sendiri, hubungan kita dan para ulama sangat harmonis sehingga tercipta Kabupaten Blitar yang sangat kondusif seperti ini,” kata Rijanto.

Sebagaimana diketahui PCNU Blitar berhasil terpilih sebagai pemenang NU Award PWNU Jatim. Blitar unggul dari tiga kandidat lainnya, PCNU Magetan, PCNU Banyuwangi, dan PCNU Lumajang. Atas keberhasilan itu, masing-masing pemenang mendapatkan trofi, sertifikat, buku/kitab, serta uang pembinaan.

Selain Bupati Blitar yang mengapresiasi keberhasilan PCNU Kabupaten Blitar, Gubernur Jawa Timur H Soekarwo juga mengapresiasai atas keberhasilan tersebut.

”Selamat Blitar terpilih. Semoga ini bisa menginisiasi cabang-cabang NU yang lain untuk meningkatkan kinerja dan pengabdiannya kepada masyarakat. Kapan NU Blitar ada acara, saya tak datang?” kata Pakde Karwo.

Mendapat pertanyaan begitu Ketua PCNU Kabupaten Blitar langsung menyatakan Gubenur Jatim bisa hadir pada acara Halal Bihalal. “Terima kasih pak Gubernur, nanti pada saat Halal Bihalal kita atur tanggalnya,” jawab Kiai Dain yang diamini Gubernur Jatim. (Imam Kusnin Ahmad/Alhafiz K)

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
Peresmian Bank Wakaf Mikro di Banten Oleh Presiden RI
IMG
IMG