Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Penanggulangan Bencana Tanggung Jawab Bersama

Penanggulangan Bencana Tanggung Jawab Bersama
Jepara, NU Online
Penanggulangan bencana tidak hanya menjadi urusan satu kelompok saja, tetapi badan usaha sekalipun kudu bertanggung jawab ketika bencana terjadi. 

Pernyataan itu dilontarkan M. Ali Yusuf, Ketua Pimpinan Pusat  Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) saat menyampaikan sambutan dalam Workshop Pengurangan Resiko Bencana (PRB) yang diadakan LPBI PCNU Jepara di Pringgitan Pendopo Jepara, Kamis (21/7). 

Karena itu dibutuhkan silaturrahim antar lembaga kebencanaan. Kegiatan yang berlangsung sehari itu hasil kerjasama LPBI PCNU dengan PP LPBI NU. Usai workshop kegiatan ditindaklanjuti selama 2 tahun, hingga Mei 2017 mendatang. 

“Sehingga akan banyak kegiatan tentang kebencanaan yang dilakukan di Jepara,” katanya. 

Hal senada disampaikan Adib Khoiruz Zaman. Wakil Ketua PCNU Jepara itu menyampaikan workshop merupakan kegiatan yang langka. Sebab biasanya soal kebencanaan maka yang hadir adalah relawan. 

“Momen ini kami mengajak stake holder untuk sama-sama berbicara kebencanaan. Bencana adalah tanggung jawab bersama. Semua stake holder yang ada harus dilibatkan,” tambah lelaki yang kerap disapa Gus Adib ini. 

Ia menambahkan selain stakeholder masyarat juga perlu dilibatkan dalam antisipasi dan penanggulangan bencana. Lewat workshop bisa menggugah banyak pemikiran dan yang belum terpikirkan soal kebencanaan. 

“Selama ini ada euforia jika ada bencana maka semuanya turun. Tapi antisipasi dan rehabilitasi jarang terpikirkan,” tandasnya. 

Dalam workshop puluhan peserta menerima materi Penanggulangan Bencana di Jawa Tengah, Konsep dan Strategi Pengurangan Risiko Bencana dan Penguatan Kapasitas Pemangku Kepentingan dalam Pengurangan Risiko Bencana. (Syaiful Mustaqim/Fathoni)

Posisi Bawah | Youtube NU Online