IMG-LOGO
Daerah

UNU Ponorogo Segera Diluncurkan

Selasa 2 Agustus 2016 19:0 WIB
Bagikan:
UNU Ponorogo Segera Diluncurkan
Penampakan gedung UNU Ponorogo.
Ponorogo, NU Online
Keinginan Warga Nahdlatul Ulama (PCNU) KabupatenPonorogo, JawaTimur untukmendapatkan layanan pendidikan tinggi yang berbasis Ahlussunnah wal Jamaah akan segera terwujud. Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Ponorogo merampungkan evaluasi di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

“Alhamdulillah izin sudah masuk di BAN PT untuk akreditasi 10 prodi (program studi) yang diajukan. Semoga awal bulan Agustus 2016 izin sudah keluar,” ungkap Murdianto An-Nawie dari Bidang Pendidikan dan sumber daya manusia (SDM) PCNU Ponorogo, Ahad (31/7).

Menurut Murdianto, kalau izin dari Dikti dan BAN PT sudah keluar, maka UNU Ponorogo akan segera diluncurkan serta memulai proses penerimaan mahasiswa baru. 

“Bulan depan Insyaallah UNU Ponorogo sudah bisa launching. Setelah itu baru rekrutmen dan pendaftaran mahasiswa baru,” terang Wakil Rektor I INSURI Ponorogo ini.

Berbagai fasilitas telah dipersiapkan untuk pendirian kampus NU tersebut, gedung 16 lokal, 3 unit laboratorium dan tanah seluas 11.000 meter persegi yang akan ditempati. Untuk mengurus berbagai fasilitas dan administrasi pendirian UNU, PCNU Ponororgo membentuk tim ad hoc pendirian UNU, terdiri dari unsur Syuriyah dan Tanfidziyah. “Mohon do’a restu dari semua pihak,” pinta Murdianto. (Effendi Abdul Wahid/Fathoni)

Tags:
Bagikan:
Selasa 2 Agustus 2016 23:5 WIB
Perbanyak Istighfar Akan Dimudahkan Jalan Keluar dari Kesulitan
Perbanyak Istighfar Akan Dimudahkan Jalan Keluar dari Kesulitan
KH M Ulil Albab Arwani

Kudus, NU Online
Rais Syuriyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah KH Ulil Albab Arwani untuk selalu memperbanyak istighfar, meminta ampun kepada Allah atas salah dan dosa yang dilakukan. Dengan Istighfar, segala kesempitan seseorang akan dimudahkan jalan keluarnya.

''Allah SWT itu Maha Mengampuni. Dalam sebuah hadits dikatakan, bahwa setiap orang (manusia) pasti pernah melakukan salah (dosa), dan sebaik-baik orang yang salah atau berbuat dosa adalah yang memohon ampun atau mau bertaubat,'' katanya saat menyampaikan mauidhah hasanah dalam acara halal bihalal dan pengukuhan Satuan Koordinasi Cabang Barisan Serba Guna (Satkorcab Banser) Kabupaten Kudus di Balai Desa Jepang Mejobo Kudus, Sabtu malam (30/7).

Kiai yang biasa disapa Gus Bab menerangkan, manusia mau bertobat dengan membaca istighfar telah dijanjikan Allah melalui sabda Nabi, akan dilapangkan kemudahan dari kesempitan, kesusahan diberi kegembiraan dan diberi rizki yang tak terduga.

Nabi Muhammad yang dijamin masuk surga dan tidak pernah berbuat dosa, tuturnya, selalu meminta ampun kepada Allah.

"Kita sebagai generasi Islam harus memperbanyak istighfar, dengan harapan semoga selalau sehat dan dikabulkan semua permohonan kita kepada Allah," katanya lagi.

Disamping itu, Pengasuh Pesantren Yanbu'ul Qur'an Kudus ini mengingatkan supaya saling memaafkan antarsesama umat manusia  untuk membersihkan segala dosa. Kesalahan sesama manusia tidak akan diampuni Allah kecuali orang yang disalahi memaafkan.

"Untuk membersihkan diri hubungan manusia dengan cara saling meminta dan memberi maaf," tegas Gus Bab.

Gus Bab juga mengapresiasi imbauan Komandan Satkorwil Banser Jateng yang mengajak anggotanya selalu mengaji. Menurut Gus Bab, mengaji menjadi kewajiban seseorang tanpa batas dan tanpa memandang kedudukan.

"Mengaji itu menambah ilmu supaya ibadah kita diterima sebagaimana shalat atau ilmu pertanian sehingga harus dipelajari. Kita harus mengacu Al-Qur'an sebagai sumber segala ilmu sekaligus menjadi rujukan petunjuk apa yang akan kita lakukan termasuk ibadah shalat," jelas putra Kiai Arwani, ulama Ahli Qur'an asal Kudus ini.

Halal Bihalal dan pengukuhan Banser ini dihadiri juga Komandan Satkorwil Banser Jateng Hasyim Asy'ari dan ratusan aktivis Ansor dan anggota Banser Kudus. (Qomarul Adib/Abdullah Alawi)


Selasa 2 Agustus 2016 18:0 WIB
Perangi Narkoba, GP Ansor Pamekasan Bentuk BAANAR
Perangi Narkoba, GP Ansor Pamekasan Bentuk BAANAR
Pamekasan, NU Online
Kabupaten Pamekasan menjadi salah satu daerah lumbung narkoba. Nyaris tiap bulan kepolisian setempat menangkap pemakai barang haram tersebut. Sayang, jaringannya hampir tidak disentuh meskipun para tersangka mengungkapkan secara terbuka ke media terkait keberadaannya.

Mencermati kondisi tersebut, Gerakan Pemuda (GP) Ansor Pamekasan, Jawa Timur mengambil bagian dengan membentuk Badan Ansor Anti Narkoba (BAANAR). Perang terbuka terhadap narkoba menjadi tujuan utama pembentukan BAANAR.

Ketua GP Ansor Pamekasan Fathor Rahman menegaskan, pembentukan BAANAR berbarengan dengan kegiatan turba akreditasi PC dan PAC GP Ansor Pamekasan pada 23 Juli 2016. Keprihatinan terhadap merebaknya narkoba di Pamekasan memantik semangat pemuda Ansor untuk mengentaskannya.

"BAANAR ini merupakan badan semi otonom PC GP Ansor Pamekasan. Kami tidak akan tinggal diam ketika narkoba mulai merasuki berbagai elemen masyarakat," papar Fathor Rahman, Selasa (2/8) saat ditemui di Kantor PC GP Ansor di Jalan Abd Aziz Pamekasan.

Dosen Universitas Madura tersebut menambahkan, jaringan pengedar narkoba di Pamekasan tergolong sangat masif, sehingga masuknya narkoba di Pamekasan mudah sekali. Jika dibiarkan begitu saja, maka akan menghancurkan generasi muda. 

Langkah konkret yang akan dilakukan BAANAR ialah akan melakukan sosialisasi bahaya narkoba ke para pelajar di Pamekasan. Dan juga akan membuat posko bahaya narkoba di berbagai tempat.

"BAANAR Pamekasan akan melakukan sosialisasi di berbagai kalangan dan juga akan membuat posko di berbagai tempat. Tentunya tempat itu yangat staregis, biar masyarakat mudah untuk menjangkau. Melalui BAANAR, juga akan dihadirkan Satgas Narkoba di 13 kecamatan di Kabupaten Pamekasan,"  paparnya. 

Adapun Pengurus Harian BAANAR Pamekasan yaitu, Ketua: Hasan; Wakil Ketua: Zainullah; Sekretaris: Moh Zayyadi; Wakil Sekretaris: Mamang Suryadi; Bendahara: Moh Elman; dan Wakil Bendahara: Abd Rasid. (Hairul Anam/Fathoni)

Selasa 2 Agustus 2016 17:3 WIB
IPNU-IPPNU Rekrut Ratusan Siswa Baru SMK Maarif NU 1 Cilongok
IPNU-IPPNU Rekrut Ratusan Siswa Baru SMK Maarif NU 1 Cilongok
Banyumas, NU Online
Sebanyak 363 kader IPNU-IPPNU mengikuti kaderisasi lanjutan, Latihan Kader Muda (Lakmud) selama dua hari, Sabtu-Ahad (30-31/7). Mereka adalah siswa dan siswi baru SMK Ma’arif NU 1 Cilongok, Kabupaten Banyumas. Dibantu pimpinan komisariat sekolah, Pimpinan Anak Cabang  IPNU-IPPNU Cilongok membekali kader baru dengan sejumlah materi lanjutan.

Perekrutan ini menunjukkan keaktifan gerakan kaderisasi IPNU-IPPNU di Kecamatan Cilongok, bagian barat Kabupaten Banyumas.

Pada kesempatan ini pimpinan anak cabang pelajar NU setempat meluncurkan buku panduan Lakmud yang memuat amaliyah NU serta materi internal IPNU-IPPNU.

Ketua IPNU Cilongok Ahmad Syarif Hidayat mengatakan, “Buku panduan ini merupakan pedoman kita dalam kaderisasi sehingga semua materi yang kita berikan bisa menyatukan paham walau pematerinya berbeda-beda.”

Sementara Ketua IPPNU Cilongok menambahkan, IPNU-IPPNU merupakan saluran harapan untuk mengurangi kenakalan-kenakalan remaja di mana sekarang hampir semua media memberitakan tentang pelecehan seksual.

“Karenanya kami imbuhi materi Pengenalan Reproduksi Remaja, dengan harapan peserta paham akan bahaya perilaku reproduksi yang menyimpang,” ujar Ketua IPPNU Cilongok. (Khafidz Syabani/Alhafiz K)

IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
Peresmian Bank Wakaf Mikro di Banten Oleh Presiden RI
IMG
IMG