IMG-LOGO
Daerah

Muslimat Ikut Program Monitoring Puskesmas dan Posyandu Lansia


Rabu 10 Agustus 2016 22:00 WIB
Bagikan:
Muslimat Ikut Program Monitoring Puskesmas dan Posyandu Lansia
Jombang, NU Online
Usia harapan hidup bagi mereka yang lanjut usia atau lansia kian meningkat. Dengan memberikan perhatian, diharapkan mereka menjadi lansia yang sehat, tetap aktif dan berdaya guna.

PC Muslimat NU Jombang ikut serta melakukan monitoring terhadap Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Santun Lansia dan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Lansia yang ada di kota santri tersebut. 

"Puskesmas santun lansia merupakan bentuk keseriusan pemerinah dalam memberikan peningkatan pelayanan kesehatan pada mereka yang belum berusia lansia maupun para lansia ke atas," kata Titik Ulfah, Selasa (9/8).

Programer lansia Dinas Kesehatan Jombang tersebut menjelaskan bahwa perhatikan harus diberikan kepada mereka yang masuk usia pra lansia yakni 45 tahun hingga 59 tahun, dan lansia yakni berumur 60 tahun ke atas. "Itu agar mereka mendapat pelayanan yang optimal di poli khusus lansia yakni Puskesmas Santun Lansia," terangnya saat berada di Desa Mentaos, Blimbing Gudo.

Keberadaan Puskesmas Santun Lansia menjadi penting lantaran usia harapan hidup kian meningkat menjadi 72 tahun. "Diharapkan mereka nanti menjadi lansia yang sehat, tetap aktif dan berdaya guna," ungkapnya.

Di samping Puskesmas Santun Lansia, di Jombang juga ada Posyandu lansia. Kegiatan di Pos Pelayanan Terpadu itu adalah senam lansia, rekreasi, karawitan, kerajinan tangan, membuat makanan, minuman, pengajian, ziarah wali, dan kegiatan penyuluhan yaitu nenek asuh.

"Peran Muslimat NU dalam Posyandu lansia dan juga Puskesmas santun lansia adalah ikut menggerakkan masyarakat agar aktif datang ke layanan kesehatan tersebut," kata Ny Hj Aisyah Muhammad. Dengan demikian, 

Muslimat NU ikut memberikan penyuluhan tentang pentingnya menjaga kesehatan, sekaligus turut memantau, serta melakukan monitoring terhadap pelaksanaannya di masyarakat, lanjutnya.

Kini di Kabupaten Jombang baru ada 7 Puskesmas santun lansia. Diharapkan seluruhnya yakni 34 puskesmas yang ada sudah memiliki layanan serupa. "Inilah pentingnya kegiatan monitoring Puskesmas santun lansia dengan lintas sektor dan lintas program, yang salah satunya melibatkan kami," kata Wakil Ketua PC Muslimat NU Jombang ini.(Ibnu Nawawi/Zunus)
Bagikan:
IMG
IMG