IMG-LOGO
Daerah

GP Ansor Delanggu Gelar Sosialisasi Pengelolaan Hewan Kurban

Rabu 7 September 2016 14:1 WIB
Bagikan:
GP Ansor Delanggu Gelar Sosialisasi Pengelolaan Hewan Kurban
Klaten, NU Online
GP Ansor Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah menyelenggarakan Sosialisasi Tata Cara Penyembelihan Hewan Kurban Secara Syar'i, Selasa (6/9). Sekitar 25 Personil Banser Satkoryon Delanggu turut berpartisipasi mengamankan acara yang diikuti oleh warga setempat itu.

Kegiatan yang bertempat di Gedung Yatim NU Al-Uswah Delanggu ini dihadiri oleh sekitar 70 perwakilan Takmir Masjid dan jagal hewan kurban di wilayah Kecamatan Delanggu. Acara ini menghadirkan tiga narasumber antara lain, KH Wahib Adib dari Kementerian Agama Kabupaten Klaten, Agus Jaka Sriyana dari Subdin Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Klaten serta Ustadz H. Basyaril Mahmud praktisi Jagal Kecamatan Delanggu.

"Kami menyelenggarakan acara ini berangkat dari pemikiran bahwa praktik pengelolaan hewan kurban di masyarakat khususnya di wilayah Delanggu masih banyak yang kurang tepat, sebagai contoh dalam menyembelih  hewan kurban, hewan harus menghadap kiblat dengan posisi kepala berada di arah selatan, selama ini banyak yang kurang memperhatikan hal ini," terang Affandi, Ketua Panitia kegiatan ini.

Sementara itu narasumber pertama, yang juga merupakan salah satu Rais PCNU Kabupaten Klaten,  KH Wahib Adib menyampaikan tentang pengelolaan kurban menurut Jumhur Ulama (pendapat mayoritas Ulama), termasuk didalamnya hukum dan syaratnya. Narasumber kedua Agus Jaka Sriyana menyampaikan pentingnya mengelola hewan qurban dengan pedoman ASUH yang merupakan singkatan dari Aman, Sehat, Utuh dan Halal.

Agus juga mengingatkan para panitia hewan kurban untuk tidak menggunakan kantong plastik hitam guna membungkus daging hewan kurban yang telah disembelih karena kantong plastik hitam dapat mencemarkan daging dengan zat berbahaya yang membuat kondisi daging tak lagi sehat. Sedang narasumber terakhir, Ustadz H. Basyaril Mahmud mempraktikkan beberapa metode yang umum digunakan untuk merobohkan sapi secara cepat dan tepat.

"Harapan kami semoga para jagal dan perwakilan takmir masjid se-Kecamatan Delanggu yang hadir pada malam hari ini dapat mempraktikkan dan menyampaikan aturan-aturan pengelolaan hewan kurban sesuai syariat Islam kepada masyarakat atau jamaah di desanya masing-masing," tambah Affandi. (Red: Fathoni)

Tags:
Bagikan:
Rabu 7 September 2016 23:3 WIB
Tiga Kerja Sama Baanar dan Perpusda Pamekasan Perangi Narkoba
Tiga Kerja Sama Baanar dan Perpusda Pamekasan Perangi Narkoba

Pamekasan, NU Online
Badan Ansor Anti Narkoba (Baanar) Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur sangat serius dalam memerangi bahaya narkoba. Baanar dengan Perpustakaan Daerah (Perpusda) Pamekasan pada pada Selasa sore (6/9) mengadakan kerja sama dalam upaya menekan dan melenyapkan narkoba di Madura.

Kerja sama tersebut diwujudkan dalam Penandatanganan memorandum of Understanding (MoU) antara Kepala Perpusda Pamekasan H Akhmad Zaini dengan Kepala Baanar Pamekasan Ra Hasan, Ketua PC GP Ansor Pamekasan Fathorrahman disaksikan oleh Kepala Arsip Pamekasan, Kasatkorcab Banser Pamekasan, Ketua Rijalul Ansor Mahrus Miyanto.

Terdapat 3 poin penting yang menjadi kesepakatan antara Baanar dan Perpusda Pamekasan. Pertama, pencegahan penyalahgunaan narkoba dengan memperbanyak buku-buku tentang bahaya narkoba.

Kedua, katanya, pelaksaanaan kegiatan ilmiah terkait sosialisasi dan seminar serta bedah buku dan lainnya tentang bahaya narkoba. Terakhir, pembinaan cerdas bahaya narkoba bagi siswa-siswi SMA/SMK/MA/MAK di Pamekasan.

"Kami juga berharap, selain memperbanyak buku-buku tentang bahaya narkoba, Perpusda Pamekasan juga menyosialisasikan kepada para pengunjung agar mau menyempatkan dirinya membaca buku-buku tentang narkoba. Kami sangat bersyukur bisa bermitra dengan Pak Akhmad Zaini. Apalagi, perpustakaan yang dipimpinnya tahun ini dinobatkan sebagai Perpusda terbaik nasional dan terakreditasi A," tandas Ra Hasan. (Hairul Anam/Abdullah Alawi)


Rabu 7 September 2016 22:20 WIB
Kader Ansor Probolinggo Dilatih Buat Keset
Kader Ansor Probolinggo Dilatih Buat Keset

Probolinggo, NU Online
Sedikitnya 40 orang kader Pemuda Ansor dari Kecamatan Sumber, Kuripan, Sukapura dan Lumbang Kabupaten Probolinggo mendapatkan pelatihan pembuatan keset dari Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas) Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Probolinggo, Senin hingga Rabu (5-8/9).

Selain mendapatkan pelatihan, Bapemas juga memberikan bantuan berupa 80 alat pembuatan keset. “Kegiatan ini bertujuan ikut mensukseskan program pengabdian pemuda Ansor dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. Pemuda Ansor dipilih karena merupakan bagian dari masyarakat,” kata Kepala Bidang Keswadayaan Masyarakat Bapemas Kabupaten Probolinggo Taufik Alami.

Menurut Taufik, pengentasan kemiskinan dan mencegah rentan miskin tidak hanya tanggung jawab pemerintah saja, tetapi juga semua elemen masyarakat. Sehingga sasaran dari pelatihan ini adalah kader Ansor yang produktif tetapi tidak mempunyai penghasilan tetap.

“Dengan pelatihan ini kader Ansor diharapkan bisa berhasil lebih baik, lebih maju dan lebih terprogram serta menjadi contoh bagi daerah lain. Setidaknya ini bisa memberikan kegiatan positif agar terhindar dari narkoba dan hal-hal yang negatif. Harapannya kader Ansor bisa menjadi penggerak perekonomian masyarakat,” harapnya.

Sementara Ketua PC GP Ansor Kabupaten Probolinggo Muchlis menyampaikan terima kasih kepada Bupati Probolinggo atas kepercayaannya kepada pemuda Ansor untuk ikut serta dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat, khususnya kader Ansor.

“Kami siap akan membina dan memantau perkembangan dari hasil pelatihan ini sebagai upaya membantu pemberdayaan ekonomi masyarakat di Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Sedangkan Kepala Bapemas Kabupaten Probolinggo H. Heri Sulistyanto mengaku bahwa sejak awal memang mempunyai program untuk melibatkan organisasi kepemudaan, namun baru terealisasi tahun ini. “Saya menyambut baik sinergitas, inovasi dan kreativitas pemuda Ansor dalam memberdayakan perekonomian anggotanya,” ungkapnya. (Syamsul Akbar/Abdullah Alawi)


Rabu 7 September 2016 13:2 WIB
Ikuti Pameran di Aljazair, HIPSI Pringsewu Siapkan Misi Dagang ke Eropa
Ikuti Pameran di Aljazair, HIPSI Pringsewu Siapkan Misi Dagang ke Eropa
Pringsewu, NU Online
Menyambut misi dagang di beberapa negara Eropa diantaranya Prancis dan Turki serta melalui perhelatan internasional di Aljazair, Himpunan Pengusaha Santri Indonesia (HIPSI) Kabupaten Pringsewu, Lampung siap berpartisipasi aktif. Hal ini disampaikan Ketua HIPSI Pringsewu Fathurrahman saat ditemui di Rumah Makan Sate Sidodadi Pringsewu, Rabu (7/9).

Menurut Ustadz Faun, sapaan Fathurrahman, misi dagang akan dimulai pada 21 November 2016 sampai 2 Desember 2016 ini akan menyusul undangan resmi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Aljazair bernomor 617/EK.01.02/IX/2016/02 kepada HIPSI agar berpartisipasi pada event Pameran Indonesia Terpadu yang berlangsung di Safex Pins Maritimes Alger-Aljazair.

Pada kesempatan tersebut lanjutnya, HIPSI Pringsewu akan mengirim delegasinya bersamaan untuk meramaikan ajang yang dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan produk-produk Indonesia. Hal ini senada dengan pernyataan Muhammad Ghozali Ketua Umum HIPSI melalui pesan singkat Whatsapp.

"Insyaallah even ini merupakan kesempatan strategis para pengusaha santri Indonesia untuk mengenalkan produk-produk dalam negeri. Aljazair yang mayoritas penduduknya muslim merupakan salah satu pintu masuk paling berpotensi menembus pasar Eropa," jelasnya.

Pameran Indonesia Terpadu di Aljazair dimaksudkan membantu program pemasaran dan peningkatan produk ekspor migas dan nonmigas Indonesia utamanya konstruksi, consumer goods dan sektor manufaktur lainya.

"Seperti teh dan kopi misalnya, Aljazair masih impor dari tetangganya Eropa padahal produk tadi tersedia di kita, bila ini kita garap, potensi ekspor kesana makin terbuka," lanjutnya.

Rencananya misi dagang para pengusaha sarungan dibawah naungan Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI) bertajuk HIPSI goes to Aljazair and Europe ini diikuti oleh 43 peserta perwakilan dari pengurus dan anggota dari masing-masing propinsi se Indonesia. Kegiatan lebih dari sepekan ini disamping expo produk di Aljazair, delegasi HIPSI juga menghadiri pertemuan bisnis dan upaya kerja sama melalui Kadin (kamar dagang dan industri) di Istanbul Turki dan Prancis.

"Masing-masing kita dorong memamerkan produk unggulan daerahnya. Kita berharap misi HIPSI ini dapat menarik investor khususnya dari Eropa. Insyaallah bila ini terwujud, maka saatnya kaum sarungan ekonominya bangkit," harap Gus Ghozali -yang merupakan cicit salah satu pendiri NU dan Nahdlatut Tujjar, KH Wahab Chasbullah ini. (Muhammad Faizin/Fathoni)

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
Peresmian Bank Wakaf Mikro di Banten Oleh Presiden RI
IMG
IMG