Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Pelajar NU Kalidawir Luncurkan Produk Kopi Mangrove Segara

Pelajar NU Kalidawir Luncurkan Produk Kopi Mangrove Segara
Tulungagung, NU Online
Keberadaan IPNU-IPPNU adalah sebuah aset yang harus memberikan kemanfaatan bagi masyarakat. Begitulah prinsip yang diusung oleh PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Kepengurusan periode 2015-2017 menitikberatkan program kerja pada pemberdayaan masyarakat pesisir melaui program social entrepreneurship

PAC IPNU-IPNU Kalidawir bekerja sama dengan NGO Redirect Indonesia dan Leshutama yang dimotori oleh Abdul Mukhosis, mengembangkan kawasan pesisir Tulungagung yaitu Pantai Sine Kalidawir dengan meluncurkan produk inovasi hasil pemberdayaan masyarakat pesisir “Kopi Mangrove Segara” , Rabu (14/9). Kopi tersebut merupakan produk hasil pengolahan dari buah mangrove yang ada di Pantai Sine.

“Kami tau problem yang ada di pesisir dan kami berusaha untuk memberikan solusi alternatif berupa innovasi produk. Sehingga mampu mengangkat ekonomi pesisir” terang Rekan Adib Hasani (Ketua IPNU Kalidawir). Produk ini adalah hasil trial and error yang dilakukan oleh Rekan Ikbar Al Asyari sehingga memunculkan komposisi yang pas untuk sebuah kopi pesisir.

“Kebetulan background saya Sarjana Ilmu Kelautan, dan saya fokus pada isu-isu pesisir. Saya mencoba menggali lebih dalam potensi pesisir kita dan hadirlah Kopi Mangrove Segara” tambah Rekan Ikbar yang juga Direktur Redirect Indonesia. Konsep yang diusung adalah social entrepreneurship dimana bisnis ini difokuskan pada pengangkatan ekonomi masyarakat sekitar dengan mengkombinasikan program lingkungan berbasis restorasi dan konservasi mangrove pantai Sine dan program ekonomi itu sendiri melalui sistem bagi hasil.

Harapannya, produk ini akan diterima luas di masyarakat dan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat pesisir sebagai produk alternatif. Sehingga, masyarakat Pantai Sine bisa berdikari dan memiliki produk unggulan asli dari daerah tersebut. Selain itu, produk ini harapannya juga mampu diperluas ke pesisir-pesisir lain di Tulungagung supaya bisa memberikan dampak lebih besar. Saat ini, produk secara resmi dapat diorder melalui Rekan Ikbar Al Asyari melalui 085655699122 atau melalui akun facebook resmi Kopi Mangrove Segara. (Ahmad Shoim/Fathoni)

BNI Mobile