IMG-LOGO
Daerah

Selapanan Pelajar NU Sulang Diisi Materi Entrepreneurship

Selasa 27 September 2016 01:00 WIB
Selapanan Pelajar NU Sulang Diisi Materi Entrepreneurship
Rembang, NU Online
Berbeda dari pertemuan rutin selapanan Ikatan Pelajar Nahadlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) anak cabang Sulang Rembang yang biasanya diisi materi keagamaan kali ini diisi materi Entrepreneurship, Ahad (25/9) bertempat di Masjid Jami'ul Muttaqin Desa Pragu Kecamatan Sulang Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB menghadirkan pemateri Ragil Bambang Sumatri asal Desa Kemadu Sulang Rembang. Dia mengisi materi Entrepreneurship dan banyak bercerita jatuh bangunnya dalam perjalanan bisnisnya menggeluti ternak kambing jawa. 

Dengan latar belakang pendidikan sarjana arsitek dari Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang tidak menyiutkan nyali dia untuk menjadi pengusaha peternak kambing jawa dan kambing etawa yang dikenal memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

"Saya mulai beternak kambing itu mulai 2006. Pada saat itu, mencari kerja sangatlah sulit. Oleh karenanya, saya memilih membuka usaha sendiri dengan beternak kambing Jawa. Pertama kali ternak hanya sebanyak 8 ekor," ujar Ragil Bambang Sumatri diawal penyampaiannya.

Hadir dalam selapanan ini sebanyak 76 kader pelajar NU Sulang. Istiqomah, salah satu kader asal Ranting Pedak merasa senang karena materi selapanan kali ini sangat menginspirasinya. "Saya sangat senang sekali mengikuti acara dipagi hari ini, karena diajari oleh bapak Ragil mengenai peternakan kambing yang banyak sekali manfaatnya," ujarnya.

Selain itu, beliau menceritakan kelompok tani ternak bernama Taruna Tani Margo Mulyo yang digagas beliau pada tahun 2009 meraih peringkat II tingkat Provinsi Jawa Tengah pada lomba peternakan pada tahun 2010. Sedangkan pada tahun ini, meraih juara I tingkat Provinsi Jawa Tengah dan akan maju tingkat nasional pada 2017 nanti.

Lain halnya dengan Edi Sucipto salah satu peserta asal Ranting Pragu merasa mendapatkan pengetahuan baru bagaimana memulai usaha yang baik, "Kalau pendapat saya secara pribadi terkait materi yang disampaikan sangatlah puas, banyak pelajaran bagaimana tips dan trik memulai sebuah usaha," tuturnya.

Acara yang selesai menjelang dzuhur ini dihadiri oleh sesepuh desa dan nampak hadir perwakilan dari pengurus cabang IPNU-IPPNU Rembang dan perwakilan Banom NU lainnya. (M. Ulin/Fathoni)

Bagikan:
IMG
IMG