Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download
HARI SANTRI 2016

Ahad Pagi, Tim Kirab Resolusi Jihad Berziarah ke Ulama Kediri

Ahad Pagi, Tim Kirab Resolusi Jihad Berziarah ke Ulama Kediri
Tim Kirab Resolusi Jihad NU saat disambut di Lirboyo
Tim Kirab Resolusi Jihad NU saat disambut di Lirboyo
Kediri, NU Online
Ahad pagi (16/10), Tim Kirab Resolusi Jihad 2016 berkesempatan berziarah ke  makam para pendiri dan sesepuh Pondok Pesantren Lirboyo di Jalan KH Abdul Karim, Lirboyo, Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur. Upacara penyambutan dihelat setelahnya.

Salah seorang pengasuh Pesantren Lirboyo KH Muhammad Anwar Manshur berkenan memberikan sambutan. Ia menyemangati dan mendoakan Tim agar perjalanan kirab menjadi bentuk amal saleh.

Kiai Anwar lalu menceritakan, santri Lirboyo tidak lepas dari perjuangan mempertahankan kedaulatan Indonesia. Pada masa Resolusi Jihad tahun 1945, banyak santri Lirboyo diberangkatkan ke Surabaya dan lama bertahan di sana.

Setelah masa Resolusi Jihad usai, para santri dan kiai kembali ke pondok pesantren. Hal itu sebagai tanggung jawab membina masyarakat lewat jalur agama. Kiai Anwar berpesan agar semangat perjuangan para santri dapat diteruskan.

Sementara itu Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menyampaikan apresiasi dengan adanya kegiatan Kirab Resolusi Jihad. Menurutnya, pelaksanaan kirab juga menjadi torehan sejarah yang positif bagi Kediri dan NU.

Terkait dengan peringatan Hari Santri yang di dalamnya akan dilakukan pembacaan satu miliar shalawat Nariyah, ia menyampaikan sangat terkesan. Menurutnya, baru NU-lah yang berinisiatif seperti itu.

"Saya bayangkan satu miliar itu bukan jumlah yang sedikit. Jadi saya kaget sekali," ujarnya.

Ia berharap, dengan pembacaan satu miliar shalawat Nariyah akan membantu Indonesia dari berbagai persoalan yang melanda dewasa ini. (Kendi Setiawan/Mahbib)


Posisi Bawah | Youtube NU Online