Pelajar NU Purworejo Rintis Perpustakaan Gratis

Pelajar NU Purworejo Rintis Perpustakaan Gratis
Purworejo, NU Online
Dalam rangka meningkatkan kapasitas intelektual kader, IPNU-IPPNU Purworejo merintis berdirinya perpustakaan gratis untuk para pelajar, santri, dan mahasiswa. Mereka melayani kebutuhan buku para pelajar di sekretariat badan otonom NU tersebut.

Menurut Ketua IPNU Purworejo Muhammad Hidayatullah, sampai hari ini pihaknya masih gencar untuk menambah koleksi buku bacaan.

“Kita baru punya sekitar 500-an buku dan terus menggalang donasi. Alhamdulillah banyak direspon positif. Ada yang membantu buku. Ada pula yang membantu uang tunai untuk dibelikan buku,” kata Hidayatullah kepada NU Online.

Organisasi, menurut Hidayatullah, perlu memfasilitasi dan menyediakan akses pengetahuan bagi anggotanya agar mendekatkan kepada visi dan misi organisasi.

“Kita fasilitasi kader IPNU dan IPPNU maupun pengunjung umum secara gratis. Tagline sekaligus peraturannya hanya satu: boleh dibaca, tak boleh dibawa. Kita ingin ada budaya baca di sini,” imbuhnya.

Khabib Hamidi, salah satu pemanfaat perpustakaan mengaku senang dan terbantu dengan adanya fasilitas ini. Ia berharap koleksi buku terus bertambah dari hari ke hari.

“Saya sudah lama ingin membaca buku Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating Diyu karya Agus Sunyoto. Kini, saya senang bisa membacanya lewat perpustakaan ini,” kata Khabib.

Sampai hari ini, pihak pengelola masih menerima sumbangan buku atau donasi untuk pengembangan lebih lanjut.

“Kita sudah pesan satu almari buku lagi, inginnya minimal empat almari berisi buku tentang akidah, fikih, sastra sampai filsafat,” kata Hidayatullah.

Mereka yang ingin berdonasi bisa mengontak langsung di nomor 085-743-043-220 atau langsung mengirimnya ke Jalan Sibak Nomor 18 Pangenjurutengah, Purworejo, 54111. (Imtihana Walida/Alhafiz K)

BNI Mobile