IMG-LOGO
Puisi

Jangan Sampai Suara Kerinduan Ini Lenyap dari Pertiwi


Ahad 4 Desember 2016 09:02 WIB
Bagikan:
Jangan Sampai Suara Kerinduan Ini Lenyap dari Pertiwi
Oleh : Mukhammad Lutfi 

"Allahu Akbar 2X
Allahu Akbar 2X
Asyhadu an Laa Ilaaha Illallaah 2X
Asyhadu anna Muhammadar Rasulullah 2X
Hayya' Alash Shalaah 2X
Hayya' Alal Falaah 2X 
Allaahu Akbar 2X
Laa Ilaaha Illallaah "
Artinya:
"Allah Maha Besar 2X
Allah Maha Besar 2X
Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah 2X
Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah Utusan Allah 2X
Marilah sholat, 2X
Marilah menuju kemenangan, 2X
Allah Maha Besar 2X
Tiada Tuhan selain Allah"

Saudaraku......

Sesungguhnya adzan adalah suara kerinduan. Kerinduan dari Dia yang Maha Pengasih, kepada kita semua. Dengan sepenuh kasih sayang-Nya kita diundang menuju perjamuan-Nya. Kita dipanggil dan diseru untuk shalat, bukan karena Allah bermaksud memberatkan hidup kita. Allah swt bahkan telah menyiapkan hidangan istimewa untuk kita. Dengan panggilan shalat, Allah hendak membersihkan hidup kita dari segala noda dan dosa. Dengan panggilan shalat, Allah hendak menyempurnakan nikmat-Nya kepada kita. Dengan panggilan shalat, Allah hendak menanamkan jiwa penuh syukur kedalam hati kita.

Lalu, dimanakah kita saat ini berada?, Sedang apakah kita? Sudahkah kita shalat? Mengapa kita tidak segera menuju-Nya? Tidak bisakah kita merasakan getar kerinduan dari-Nya.

Sungguh dalam hadits qudsi, Allah swt berfirman: "Wahai hamba-Ku, berdirilah menghadap-Ku. Aku sambut kakian dengan berjalan. Dan berjalanlah menujuKu, Aku akan sambut dan hampiri kalian dengan berlari".

Rasulullah SAW. pun pernah bersabda: "Barang siapa berjalan menuju masjid di pagi atau sore hari, Allah telah siapkan hidangan istimewa di syurga."

Ya Allah....ya Tuhan kami...

Betapa seluruh hidup ini adalah perwujudan dari Kasih Sayang-Mu yang meliputi segala sesuatu. Terimakasih ya Allah, Engkau telah perdengarkan seruan kasih sayang itu kepada kami di setiap waktu. Dengan kekuatan-Mu kami berusaha berjalan menuju Rumah-Mu yang suci. Sebisa mungkin kami berdiri, rukuk, sujud di hadapan-Mu. Berilah kami kekuatan, berilah kami kenikmatan dalam beribadah kepada-Mu, setiap saat, setiap waktu, dalam ridho-Mu.

Ya Allah… ya Tuhan kami

Perdengarkanlah selalu suara kerinduan-Mu di negeri damai ini, jauhkanlah negeri ini dari pengadu domba yang memecah belah kedamaian beragama kami, yang mencerai berai keharmonisan bertoleransi, aku tak tahu apa jadinya negeri ini tanpa suara kerinduanMu, sudah banyak manusia yang syahid mempertahankan pertiwi ini, mempertahankan keharmonisan toleransi, menjaga suara kerinduanMu itu selalu terpatri di bumi pertiwi.


Malang, 3 Desember 2016

Penulis adalah aktivis PMII Rayon “Perjuangan” Ibnu Aqil UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dan Abdi Ma’had Sunan Ampel Al Ali UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Tags:
Bagikan:
IMG
IMG