IMG-LOGO
Daerah

Ini Tiga Kunci Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi NU

Senin 26 Desember 2016 01:03 WIB
Ini Tiga Kunci Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi NU

Jakarta, NU Online
Perguruan Tinggi Nadhlatul Ulama (PTNU) dituntut untuk meningkatkan mutu. Perlbagai cara perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di lingkungan. Semangat saja tidak cukup. Karenanya peningkatan mutu perlu melibatkan kerja sama dengan pihak lain.

Demikian disampaikan Direktur Kemahasiswaan Dikti Didin Wahidin Didin saat mengisi diskusi Klinik Akreditasi Perguruan Tinggi di Gedung PBNU, Jakarta Pusat, Jumat (23/12) lalu.

“Kekuatan PTNU akan tumbuh bila ada semangat untuk mengembangkan PTNU secara bersama-sama,” ujar Didin.

Ia menyebut tiga C untuk meningkatkan mutu, yakni connect, compete, dan colaborate. “Connect (hubungan komunikasi) dapat dilakukan dengan komunikasi antar-PTNU. Misalnya dalam rangka memberikan wawasan nasional dan wawasan ke-NUan, satu PTNU membantu PTNU yang lain,” saran Didin.

Dengan membantu tidak akan merugikan. Karena itu jangan ada satu pun PTNU yang merasa bisa maju sendiri. Kalaupun sudah besar, PTNU yang sudah besar harus membantu yang lain.

Adapun compete (berlomba-lomba) adalah persaingan dalam kebaikan yang sekali lagi bertujuan untuk membangun kebersamaan. Persaingan itu tidak hanya antar-PTNU, tetapi juga PTNU dan perguruan tinggi lainnya. Dengan semangat persaingan, niscaya semua PTNU akan terpancing menjadi yang terbaik.

Berikutnya adalah kolaborasi. Ini  bisa dilakukan dengan membantu apa yang masih kurang di satu PTNU, berkolaborasi dengan PTNU yang lain.

“Misalnya sharing tenaga pengajar. PTNU yang masih kekurangan tenaga pengajar dapat dibantu tenaga pengajar dari PTNU lainnya. Sharing juga dapat dilakukan dalam bentuk menjadikan satu program studi unggulan di satu PTNU, dan membuat satu prodi unggulan di kampus PTNU lainnya,” terang Didin.

Ia menyebut salah satu bentuk kolaborasi yang sudah baik dilakukan adalah antara Universitas Nusantara (Uninus) Bandung dengan Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang.

Didin meyakini, langkah-langkah tersebut akan menjadikan PTNU semakin berkualitas dan maju. ”Kita akan besar dengan itu,” tandas Didin. (Kendi Setiawan/Alhafiz K)

Tags:
Bagikan:
IMG
IMG