IMG-LOGO
Daerah

Brebes dan Tegal, Isi Tahun Baru Dengan Istighosah


Jumat 30 Desember 2016 21:02 WIB
Bagikan:
Brebes dan Tegal, Isi Tahun Baru Dengan Istighosah
Kiai Subhan
Brebes, NU Online
Pergantian tahun Masehi identik dengan pesta akan dirayakan berbeda oleh masyarakat Kabupaten Brebes dan Kota Tegal (Jawa Tengah). Di kedua kabupaten tersebut pergantian tahun akan dirayakan dengan istighotsah dan pengajian umum. 

“Kami berupaya mengarahkan masyarakat untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT ketika bertambahnya usia,” ucap Kepala Bagian Kesra Setda Brebes H Imrom Hisyam, ketika ditemui di ruang kerjanya pada Jumat (30/12).

Pengajian ini, kata H Imron, telah menjadi program Pemkab Brebes sejak tiga tahun terakhir. Sebelumnya, akan difokuskan pada pesta kembang api di alun-alun. Namun atas saran dari para ulama Kabupaten Brebes, perayaan pergantian tahun diisi dengan istighosah dan pengajian umum.

Pada kegiatan bertema "Bersama Melangkah Menuju Hidup Barokah" tersebut akan dihadiri Rais Syuriyah PBNU KH Subhan Makmun, pengasuh Pondok Pesantren Darussalam Jatibarang KH Syeh Sholeh Basalamah, Pengasuh pondok pesantren Al Hikmah 1 KH Labib Shodiq Suhaemi, Ketua MUI Brebes KH Said Basalamah, Mutasyar PCNU Brebes KH Khusnan Zaen dan sejumlah ulama lainnya.

Istighotsah kubro dan pengajian akan berlangsung pada 31 Desember 2016 sejak pukul 20.00 dan berakhir hingga jam 00.00, atau 1 Januari 2017. “Plt Bupati Brebes Budi Wibowo dan sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh ulama serta masyarakat umum akan tumplek blek di alun-alun Brebes,” tutur Imron.

Hal serupa juga akan berlangsung di alun-alun kota Tegal. Sejumlah tokoh ulama Kota Tegal seperti Habib Thohir Al-Kaf, Ketua PC NU Kota Tegal Abdal Hakim Tohari akan mengisi kegiatan pergantian tahun tersebut. 

Berbagai sepanduk, baliho dan pengumuman tentang kegiatan akhir tahun di kedua Kabupaten perbatasan tersebut sudah menyebar. Termasuk sudah diumumkan dimasjid-masjid sebelum pelaksanaan sholat jumat tadi siang. (Wasdiun/Abdullah Alawi)

Bagikan:
IMG
IMG