Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Kiai NU Kota Probolinggo, KH Romli Baqir Wafat

Kiai NU Kota Probolinggo, KH Romli Baqir Wafat
Probolinggo, NU Online
Pengurus dan warga Nahdlatul Ulama (NU) di Kota Probolinggo saat ini sedang berduka dan berkabung karena salah seorang panutannya, KH Romli Baqir, Jumat (6/1) dini hari pukul 00.30 WIB wafat pada usia 77 tahun. Kiai tersebut tercatat pernah menjadi Rais Syuriyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Probolinggo.

Sejak kabar tersebut tersebar, rumah duka yang berada di Kelurahan Jrebeng Lor Kecamatan Kedopok Kota Probolinggo banyak didatangi petakziah untuk menyampaikan ucapan belasungkawa sekaligus membacakan tahlil.

Sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat serta pejabat Pemkab Probolinggo dan Pemkot Probolinggo turut hadir di kediaman almarhum yang juga pernah menjabat sebagai Ketua MUI Kota Probolinggo tersebut.

Dari jajaran pengurus NU, hadir Rais PCNU Kota Probolinggo KH Azis Fadhol, Ketua PCNU Kota Probolinggo H. Muhammad serta sejumlah pengurus lembaga, lajnah dan badan otonom se-Kota Probolinggo. Tidak ketinggalan pula sejumlah pengurus NU dari Kabupaten Probolinggo.

Mantan anggota DPRD Kota Probolinggo di masa Orde Baru ini lahir pada tahun 1940. Sebelum wafat, dia menderita sakit dan sempat dirujuk ke RSUD dr. Moch. Saleh Kota Probolinggo. “Kemarin (Kamis) beliau sempat dirujuk ke rumah sakit karena muntah-muntah,” ujar Abdul Hari, salah satu keponakan KH Romli Bakir.

Putra sulung KH Romli Bakir, Muhamad Izzul Islam saat ditemui di rumah duka terlihat sibuk menemui sejumlah petakziah yang datang ke kediaman almarhum. "Abah meninggal tadi malam. Terima kasih atas kedatangan dan doanya," katanya singkat.

Jenazah almarhum KH Romli Baqir akan dimakamkan di belakang Pondok Pesantren Raudlatul Hasaniah setelah shalat Jumat sekitar pukul 13.00 WIB. (Syamsul Akbar/Abdullah Alawi)

BNI Mobile