Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Bupati Anas Ajak Sekolah di Banyuwangi Shalawatan Tiap Jumat

Bupati Anas Ajak Sekolah di Banyuwangi Shalawatan Tiap Jumat
Banyuwangi, NU Online
Pendidikan tidak hanya menekankan kecerdasan intelektual, tapi harus juga memperhatikan kecerdasan emosional dan spiritual. Hal tersebut menjadi perhatian Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Untuk melatih kecerdasan spiritual tersebut, Bupati Anas mengimbau kepada sekolah-sekolah di Banyuwangi untuk bershalawat setiap hari Jumat.

"Saya mohon kepada setiap kepala sekolah untuk melaksanakan shalawatan setiap hari Jumat," pinta Bupati Anas saat memberikan pengarahan kepala sekolah SD Negeri se-Banyuwangi, di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Rabu (18/1).

Dengan membiasakan membaca shalawat tersebut, ungkap Anas, akan mampu menstimulus spiritualitas pelajar. "Hati akan tenang jika memperbanyak membaca shalawat. Jika hatinya tenang, maka akan juga berpengaruh pada kecerdasan anak didik," ungkapnya.

Menyemarakkan shalawatan di sekolah, lanjut Anas, bisa menumbuhkan kesenian islami. "Nantinya, juga bisa dikombinasikan kesenian hadrah," urai ketua umum Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) 2000-2003 ini.

Sementara itu, di Masjid Pemkab Banyuwangi sendiri, tiap usai sholat Jumat diisi dengan pembacaan shalawatan. Hal ini, menurut Bupati Anas, ditujukan untuk mendoakan Banyuwangi dari berbagai musibah. "Ini untuk mendoakan Banyuwangi agar terhindar dari musibah dan diberikan kemaslahatan," pungkasnya. (Ayunk Notonegoro/Mahbib)


BNI Mobile