IMG-LOGO
Nasional

Pimpinan Pusat IPNU Luncurkan Logo Harlah Ke-63


Sabtu 28 Januari 2017 18:01 WIB
Bagikan:
Pimpinan Pusat IPNU Luncurkan Logo Harlah Ke-63
Jakarta, NU Online
Pada 24 Februari mendatang, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) genap berusia 63 tahun. Pada pembukaan Latihan Kader Utama (Lakut) angkatan I di Pondok Pesantren Al-Tsaqafah, Ciganjur, Jumat, (27/1), Ketua Umum PP IPNU Asep Irfan Mujahid meluncurkan logo harlah IPNU ke-63.

Asep menjelaskan makna dari gambar yang disajikan di tembok melalui media proyektor yang disambungkan ke laptop. Secara umum, logo tersebut seperti jilatan api. Hal ini sebagai suatu simbol atas kobaran semangat semboyan pelajar NU, yakni belajar, berjuang dan bertaqwa.

“Secara garis besar tampilan logo harlah IPNU ke-63 ini adalah jilatan api sebagai simbol kobaran semangat belajar, berjuang, dan bertaqwa,” ujar Asep.

Lebih seksama, pada gambar tersebut juga terdapat bulu. Ini diibaratkan sebagai ilmu pengetahuan yang luas.

Api pada logo tersebut, dilihat dari arahnya, menjulur ke atas dan ke bawah. Hal ini dimaknai sebagai hablu minaallah untuk api yang menjulur ke atas, dan habl minan nas untuk api yang menjulur ke bawah.

“Simbol api dalam logo ini menjulur ke atas dan ke bawah bermakna hablum minallah hablum minan nas,” katanya.

Selain itu, jika dilihat dari warnanya, api yang berwarna hijau diartikan sebagai perwakilan pelajar santri, sementara api berwarna merah melambangkan pelajar secara umum.

Adapun bulu berwarna merah dan putih, dituliskan dalam salah satu slide, bermakna peneguhan pelajar dan santri sebagai garda terdepan penjaga NKRI. (Syakir NF/Abdullah Alawi)

Tags:
Bagikan:
IMG
IMG