::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

LPBI NU Tasikmalaya dan Warga Bantu Gedung Pesantren yang Terbakar

Selasa, 14 Maret 2017 01:04 Pesantren

Bagikan

LPBI NU Tasikmalaya dan Warga Bantu Gedung Pesantren yang Terbakar
Tasikmalaya, NU Online
Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim NU (LPBI NU) Kabupaten Tasikmalaya bersama warga NU bergotong-royong untuk membantu Pesantren Al-Muawanah yang kebakaran pada Ahad (12/3).

Pengurus LPBI NU Tasikmalaya Muchlis Amin yang didampingi IPNU dan GP Ansor Tasikmalaya langsung terjun pukul 19.00 usai pemadaman api di lokasi PAC GP Ansor Tanjungjaya. Mereka pada malam itu mendirikan posko bantuan dan memginventarisasi kebutuhan santri.

Pada Ahad sore sekitar pukul 17.00 asrama putra pesantren di Kampung Ciheras Kecamatan Tanjungjaya ini ludes dilalap api dan menghabiskan segala barang barang santri seperti lemari, pakaian, kitab, dan sebagainya.

Kejadian ini terjadi ketika para santri sedang berolahraga sore dan mati lampu. Usai olahraga futsal, santri menuju asrama dan api sudah besar. Mereka berusaha memadamkan api dengan alat seadanya yang dibantu masyarakat dan Banser Tanjungjaya. Namun mereka tak mampu menyelamatkan barang-barangnya termasuk dokumen penting seperti ijazah, STNK, dan lain sebagainya.

Namun karena listrik padam dan tiada satu orangpun di asrama semua pihak termasuk dari kepolisian belum menyimpulkan apa penyebab kebakaran.

Muchlis menyampaikan apresiasi terhadap GP Ansor Tanjungjaya yang ketika itu dengan sigap dan tanggap langsung terjun ke lokasi. “Kami di PCNU terus berkoordinasi insya Allah kita koordinir sebisa mungkin memulihkan kembali pesantren Al-Muawwanah.”

Menurutnya, salah satu yang perlu diperhatikan adalah psikologos santri. “Kita harus kuatkan mereka karena bagaimanapun mereka akan merasa tertekan karena barang-barang mereka hangus terbakar. Kita akan berusaha bersama dengan KBNU lainnya membantu secara moril dan materil dan yang penting para santri tetap semangat mengaji dan menghilamgkam trauma karena kebakaran ini, jika ada yang ingin berpartisipasi silakan hubungi LPBI NU Kabupaten Tasikmalaya di Nomor 085316640000 atas nama Muchlis.

Pimpinan Pesantren Al-Muawwanah Cihaur Ajengan Alim menuturkan, “Saya berterima kasih kepada seluruh komponen NU yamg dengan sigapnya membantu kami. Semoga jadi amal kebaikan. Semoga pembangunan asrama putra ini dan segala sesuatunya bisa kembali semula. Semoga kejadian ini ada hikmahnya baik bagi saya pribadi dan untuk kita semua.” (Husni Mubarok/Alhafiz K)