IMG-LOGO
Daerah

Aulia Male Ta Ilayabe Penyebar Awal Islam di Gorontalo


Sabtu 1 April 2017 03:03 WIB
Bagikan:
Aulia Male Ta Ilayabe Penyebar Awal Islam di Gorontalo
Gorontalo, NU Online 
Makam Aulia Male Ta Ilayabe adalah salah satu dari beberapa situs sejarah Islam yang sampai saat ini menjadi tempat paling sering dikunjungi wisatawan dari luar daerah maupun masyarakat setempat.

Makam Aulia Male Ta Ilayabe terletak di salah satu puncak bukit seberang Pelabuhan Laut Gorontalo. Tidak hanya menjadi destinasi wisata kebudayaan, makam ini juga menjadi tempat yang dikeramatkan masyarakat Gorontalo.

Dalam kepercayaan masyarakat Gorontalo, Aulia Male Ta Ilayabe  adalah sang hulubalang sakti yang bertugas mengantar upeti dari Gorontalo ke Ternate dengan mengendarai sajadah. Dalam kepercaayan masyarakat juga, makam tersebut pernah berpindah tempat tanpa ada yang memindahkan.

Warga Kota Gorontalo, Firman Arafik, dirinya mengaku hampir setiap bulan mengunjungi makam Aulia Male Ta Ilayabe.

Hal itu, kata dia kepada NU Online pada Kamis (30/3), ia lakukan karena rasa hormat dan keyakinannya terhadap para leluhur dan penyebar Islam awal.

Penjaga makam Makam Aulia Male Ta Ilayabe Ismail membenarkan bahwa tempat tersebut paling banyak dikunjungi oleh masyarakat di saat hari-hari besar Islam. (Reza Fauzi/Abdullah Alawi)

Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG