IMG-LOGO
Daerah

Pesan Bung Karno untuk Perdamaian

Selasa 4 April 2017 7:36 WIB
Bagikan:
Pesan Bung Karno untuk Perdamaian
Bekasi, NU Online
Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PP IPNU) Asep Irfan Mujahid secara resmi melantik PC IPNU Kota Bekasi masa khidmah 2017-2019 di NU Centre El-Sa'id, Rawalumbu, Bekasi, Sabtu (1/4).

Beberapa tokoh-tokoh penting menghadiri acara pelantikan tersebut. Salah satunya Anggota DPRD Komisi A yang juga Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Bekasi Anim Imamuddin. 

Anim mengatakan, IPNU di Kota Patriot selalu memiliki terobosan-terobosan baru. Ketua Koperasi Pedagang Pasar (Koppas) itu  terkesan saat ada pembacaan ikrar dari pelajar NU tentang toleransi. Hal tersebut mesti ditumbuhkembangkan karena Indonesia dengan kemajemukannya selalu dipuja-puja oleh bangsa lain.

"Saya berpesan agar anak-anak muda NU ini jangan sesekali melupakan sejarah (jasmerah). Sejak dulu, bangsa kita selalu menjadi dambaan dan dipuja-puja oleh bangsa-bangsa luar. Jangan sampai hal itu dilupakan," katanya.

Anim berkisah, saat sidang Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) ke-15 Bung Karno pernah mengutip ayat. Presiden pertama Republik Indonesia (RI) itu membuat seluruh peserta sidang terperangah. Dengan bangga dan semangat menggebu, Bung Karno melancarkan hapalannya.

"Saat itu, Bung Karno mengutip surat Al-Hujurat ayat 13. 'Allah berfirman: Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kalian dari laki-laki dan perempuan, kemudian menjadikan kalian berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya saling mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia adalah yang bertakwa kepada Allah,'" ucap Anim meniru gaya orasi Bung Karno.

Menurut Anim, IPNU sudah berhasil menjalankan Al-Hujurat 13 dan UUD 1945, karena menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi. Sebagai organisasi, IPNU harus memberikan segala hal baik kepada masyarakat. Dari situ, keberhasilan akan terlihat jelas walau harus melewati beragam rintangan dan hambatan.

"Pesan saya, tangan yang di atas lebih mulia daripada tangan di bawah. Artinya, generasi muda NU harus bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat. Salah satunya menularkan kebaikan dan perdamaian kepada semua orang," tutupnya. Red: Mukafi Niam
Bagikan:
Selasa 4 April 2017 21:4 WIB
PCNU Loteng Minta Banom dan Lembaga NU Fokus Gerakan Ekonomi
PCNU Loteng Minta Banom dan Lembaga NU Fokus Gerakan Ekonomi
Ketua PCNU Lombok Tengah Lalu Fathul Bahri
Lombok Tengah, NU Online 
Ketua PCNU Lombok Tengah Lalu Fathul Bahri mengharapkan agar semua badan otonom dan lembaga NU fokus menjalankan program yang mengarah pada bidang ekonomi menuju kemandirian, tanpa mengabaikan kegiatan keumatan pokok lainnya, seperti keagamaan, pendidikan, dan sosial.

Oleh karena itu, menurut Wakil Bupati Lombok Tengah tersebut, mulai tahun ini semua badan otonom dan lembaga di lingkungan PCNU Lombok Tengah  merancang dan melaksanakan program gerakan ekonomi sebagaimana amanat Muktamar NU ke-33. 

“Kita tidak bisa berbicara kesejahteraan tanpa melakukan gerakan ekonomi," katanya pada Konferensi Cabang I Persatuan Guru Nahdlatul Ulama Lombok Tengah berlangsung di Pondok Pesantren Al-Maarif NU Mujur, Praya Timur pada Ahad, 2 April 2017. Kegiatan tersebut dirangkai dengan Training of Trainer Senam Islam Nusantara dengan instruktur dari Pimpinan Pusat Maarif NU.

Sementara itu, Ketua PW Pergunu NTB Bq. Mulianah mengharapkan agar guru NU mampu memberikan teladan dan pendidikan karakter yang berbasis Islam Ahlussunnah wal Jamaah. 

"Kita jangan sampai hanya melahirkan generasi yang shaleh, tetapi juga harus mampu melahirkan generasi yang berguna bagi keluarganya, orang tuanya, agama, dan bangsanya," pintanya.

Sementara itu, H. Burhanuddin Yusuf, sebagai tuan rumah, menyerukan agar Pergunu bersama Banom dan lembaga NU lainnya mampu bersinergi menyusun rencana hingga pelaksanaan program. Kita tidak bisa melaksanakan program sendiri-sendiri, tetapi harus dalam satu kesatuan untuk memperoleh out put yang maksimal. (Lalu John Rpawan/Abdullah Alawi)

Selasa 4 April 2017 21:1 WIB
Jaring Bibit Atlet, MA Ma'arif NU Keputran Gelar Kejuaraan Olahraga
Jaring Bibit Atlet, MA Ma'arif NU Keputran Gelar Kejuaraan Olahraga
Pringsewu, NU Online
Berbicara tentang olahraga dan prestasi atlet pelajar di Kabupaten Pringsewu, tidak akan lepas dari Madrasah satu ini. Berbagai prestasi olahraga khususnya Futsal dan atletik telah diraih oleh MA Ma'arif NU Keputran Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu baik level Kabupaten maupun Provinsi.

Bukti nyata prestasi terbaru Madrasah Aliyah Favorit di Kabupaten Pringsewu ini adalah dengan memborong seluruh medali Juara 1, 2 dan 3 pada lomba lari lintas Alam yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten dalam rangka Hari Ulang Tahun Kabupaten Pringsewu ke 8 pada Jumat (31/3) lalu.

Salah satu bentuk kiprah pencarian dan pembinaan bibit atlit olahraga yang dilakukan oleh MA Maarif NU selama ini adalah dengan menggelar kompetisi olah raga bagi siswa SLTP baik level Kabupaten Pringsewu maupun Provinsi Lampung. Kompetisi olahraga antar pelajar SLTP ini bernama Ma'arif Keputran Cup yang pada tahun ini merupakan even kedua kalinya.

"Pada Ma'arif Keputran Cup kedua ini kita menjaring pelajar yang memiliki bibit keahlian dibidang olah raga Futsal dan Volley Ball Puteri," Demikian kata Kepala MA Ma'arif Keputran Irsadul Ibad, Selasa (4/4).

Kejuaran ini lanjutnya memperebutkan Trofi dan Beasiswa Pendidikan bagi Juara 1, 2 dan 3 serta pemain terbaik untuk masing-masing kategori. "Ma'arif Cup II akan digelar selama empat hari mulai 11 sampai dengan 14 Mei 2017 dan juga akan memperebutkan piala bergilir bagi Juara Umum ," tambahnya.

Irsad menjelaskan bahwa kejuaran ini diperuntukkan khusus bagi siswa SLTP dengan bukti para peserta dapat menunjukkan foto copy raport dan Kartu Pelajar. "Peraturan peserta dan pertandingan akan dibahas detail di technical meeting yang akan dilaksanakan pada Rabu (10/5)," ujarnya menjelaskan kompetisi yang akan menggunakan sistem gugur ini.

Bagi SMP atau Madrasah yang akan mengirimkan timnya pada Kompetisi Pelajar se Provinsi Lampung ini dapat mendaftarkan Timnya mulai 3 April sampai dengan 10 Mei 2017 di Kampus MA Ma'arif NU Keputran Sukoharjo Pringsewu. 

"Untuk lebih jelasnya silahkan dapat menghubungi panitia Dwi Joni 083170366440, Wawan Krisdiyanto 085269966872, dan Zulian Tri Muhardi 085669997626," pungkasnya. (Muhammad Faizin/Fathoni)

Selasa 4 April 2017 20:29 WIB
LP Ma'arif NU Sumedang Kejar Akreditasi Mabigus
LP Ma'arif NU Sumedang Kejar Akreditasi Mabigus
Sumedang, NU Online
Pengurus Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Kabupaten Sumedang melaksanakan Kursus Orientasi Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus). Kegiatan yang dilaksanakan di SMK 2 Ma'arif Sumedang ini dihadiri seluruh Majelis Pembimbing LP Ma'arif Sumedang. 

Ketua LP Ma'arif Kabupaten Sumedang Cucu Suhayat pada kegiatan yang berlangsung Sabtu-Ahad (1-2/4) itu mengatakan, salah satu tujuan kegiatan ini diselenggarakan agar setiap Mabigus bisa terakreditasi sesuai dengan standar Kwarnas. 

Bulan september tahun ini, kata dia, Ma'arif Sumedang akan mengikuti perkemahan Wirakarya Ma'arif Nasional (perwimanas). Sebelum Perwimanas dimulai, diharapkan semua Mabigus yang mengikuti kegiatan orientasi ini dapat terakreditasi dan mengaplikasikan ilmunya kepada siswa di sekolah masing-masing. 

“Kursus ini harus dijadikan sebagai fasilitas untuk menyatukan persepsi pengembangan Pramuka di sekolah yang ada di lingkup LP Ma'arif Sumedang,” kata Cucu. 

Beberapa bulan ke belakang Satuan Komunitas Ma'arif (Sakoma) NU Sumedang yang mewadahi gerakan Pramuka di lingkungan LP Ma'arif terbentuk. Untuk mempercepat konsolidasi gerakan Pramuka di LP Ma'arif Sumedang, pengurus Sakoma langsung menyelenggarakan kemah terpadu. 

Kursus orientasi merupakan langkah lanjutan dari kemah terpadu yang sudah terlaksana itu. Semua ini dilaksanakan karena gerakan Pramuka mempunyai payung hukum undang-undang nomor 12 tahun 2010. 

“Undang-undang tersebut memberikan peluang Satuan Komunitas Ma'arif (Sakoma) untuk bisa berpartisifasi dalam gerakan Pramuka,” tutup Cucu. (Ayi Abdul Kohar/Abdullah Alawi) 

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG