IMG-LOGO
Daerah

Warga Sorong Rutin Menabung Bulanan untuk Haji dan Umrah


Senin 24 April 2017 21:03 WIB
Bagikan:
Warga Sorong Rutin Menabung Bulanan untuk Haji dan Umrah
Jakarta, NU Online
Semangat warga NU di Kabupaten Sorong, Papua Barat, untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah semakin meningkat. Hal itu tebukti dengan aktivitas dan persiapan yang mereka lakukan.

Ketua PCNU yang sekaligus Ketua Perwakilan Asbihu Tour and Travel Kabupaten Sorong, H Sutedjo, mengatakan, setiap bulan pada minggu kedua warga Sorong yang bergabung dalam Asbihu melakukan pertemuan silaturrahim. Dalam pertemuan ini masing-masing anggota juga menyetorkan tabungan senilai minimum Rp500 ribu.

“Dana tabungan itu digunakan untuk membiayai perjalanan haji atau umrah,” kata Sutedjo.

Persiapan lainnya yang dilakukan adalah latihan manasik. Seperti pada 9 April lalu mereka melakukan latihan manasik di Masjid Al-Muttaqin, Kelurahan Malawele, Distrik Aimas. Latihan manasik dilakukan dengan lima orang pembimbing, yakni tiga orang laki-laki dan dua pembimbing perempuan.

“Waktu itu ada 120 orang yang mengikuti kegiatan. Mereka anggota Asbihu. Memang kalau di Jawa junlah itu mungkin termasuk sedikit. Kalau di Papua itu tergolong banyak,” ujar Sutedjo.

Ia menyebutkan, tahun ini kuota haji Kabupaten Sorong hanya mencapai 78 orang  jamaah. Karenanya sebagian warga ada yang memilih melaksanakan ibadah umrah terlebih dahulu. Seperti pada awal Maret 2017 lalu, terdapat 40 jamaah umrah Asbihu dari Kabupaten Sorong. Dan saat ini, beberapa jamaah juga mendaftar perjalanan umrah Ramadhan yang dipersiapkan Asbihu.

Sutedjo menceritakan, Asbihu Kabupaten Sorong berdiri tahun 2006. Semula bernama Taawun Haji NU. Setelah ada Asbihu, Taawun Haji NU Sorong lalu bergabung dengan Asbihu.

“Anggotanya semula hanya 25 orang. Sekarang sudah mencapai 250 orang,” kata Sutedjo.

Ia menyatakan rasa syukur saat ini dari 250 anggota, 80 persennya sudah terdaftar sebagai jamaah haji. Sementara jumlah anggota yang sudah berangkat haji mencapai 150 orang. (Kendi Setiawan/Alhafiz K)

Tags:
Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG