IMG-LOGO
Daerah

BMT NU Kramat Tegal Sejahterakan Ekonomi Umat

Senin 24 April 2017 20:54 WIB
BMT NU Kramat Tegal Sejahterakan Ekonomi Umat
Suasana pengundian simpanan rejeki
Tegal, NU Online
Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiyaan Syariah (KSPPS)-Baitul Maal wat Tamwil Syirkah Muawanah (BMT SM) Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kramat Kabupaten Tegal bertekad mensejahterahkan ekonomi umat. BMT yang berkantor pusat di Jalan Garuda 127 Bongkok Kramat itu terus mengembangkan sayap menuju kesejahteraan ekonomi umat. Lewat kerja gotong royong, BMT ini berkembang hingga 16 Cabang meski mulanya bermodal hanya Rp 8 juta. 

Demikian disampaikan Direktur Utama BMT SM NU Kramat H Ahmad Zubaedi di sela pembagian door prize Simpanan Rezeki di halaman Kantor Kecamatan Kramat Tegal, Ahad (23/4).

Zubaedi menerangkan, keenam belas kantor cabang tersebut berdiri di Tegal 4 buah, Purwokerto 3 buah, Kebumen 3 buah, Brebes 3 buah, Kota Tegal 1 buah, dan Pemalang 2 buah. Dari 16 cabang tersebut, Nahdliyin yang tergabung mencapai 16 ribu orang lebih. “Ekonomi Nahdliyin, kalau digerakan terbukti begitu dahsyat,” ungkapnya.

Pendirian BMT, lanjut Zubaedi, mendapat respon yang positif dari para anggota. Para anggota maupun calon anggota bisa meminjam dana dari 500 ribu sampai 100 juta. Tergantung pada kemampuan anggota untuk mengembalikannya, seluruh pinjaman kami layani. Tentu dengan sangat selektif. “Kami hanya memberikan pinjaman untuk usaha produktif, bukan spekulatif, ataupun konsumtif,” tegasnya.

Untuk Smpanan Rezeki, para anggota menabung mulai dari Rp 30 ribu  untuk satu nama dalam jangka waktu tiga tahun. Anggota suka sekali dengan sistem Simpanan Rezeki ini, terbukti hingga putaran yang kelima makin bertambah semarak. Pada putaran kelima, disediakan 200 item hadiah, dengan hadiah utama tiga buah sepeda motor. 

Pada undian simpanan rejeki 2017, yang mendapat hadiah utama yakni Guru SMK N 1 Slawi Wiwit Isaroh, MI NU Mejasem Timur Tegal, dan Jaelani dari Langon, Tegal.

Zubaedi menjelaskan, dalam kiprahnya BMT NU Kramat menawarkan produk simpan pinjam dan jasa. Ada tiga jenis simpanan yakni pertama Simpanan Sukarela (simpanan berguna, pengurus, karyawan, hari raya, pendiri, pendidikan, ziarah, mudhorobah berjangka); kedua Simpanan Wajib (simpanan wajib anggota); ketiga Simpanan Program dan Jasa (Simpanan Rezeki, TP-THT). 

“Sedangkan untuk pinjaman atau pembiayaan meliputi Mudhorobah, Musyarokah, Murobahah, Baibitsawam Ajil, Qordhul Hasan dan Al Hiwalah,” pungkas Haji Zubaedi. (Wasdiun/Abdullah Alawi)
Tags:
Bagikan:
IMG
IMG