Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Ansor Jember Lakukan Pendidikan Khusus Literasi Medsos

Ansor Jember Lakukan Pendidikan Khusus Literasi Medsos
Jember, NU Online
Setelah sebelumnya tim Ansor Cyber Jember terbentuk, kini pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Jember tengah serius memperkuat kemampuan kader-kadernya dengan melaksanakan pendidikan khusus literasi media social, di Aula Kantor Sekretariat PC GP Ansor Jember Jl. Danau Toba No.1 Tegalgede Sumbersari Jember, Ahad, (7/5)

Kegiatan yang diikuti oleh 2 orang kader utusan dari masing-masing Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor se-Kabupaten Jember tersebut dimanfaatkan untuk memperluas peran dan keberadaan anggota GP Ansor dan Banser di tengah masyarakat sehingga nantinya mampu menjadi penuntun arah bagi masyarakat dalam memilah dan memilih informasi agar tidak terjebak pada informasi media yang tidak bertanggung jawab.

Ketua PC GP Ansor Jember HM Ayub Junaidi dalam sambutannya menyampaikan bahwa "GP Ansor harus tetap berada di garda terdepan sebagai benteng dan penjaga ideologi Pancasila dan NKRI termasuk di media sosial.

Dikatakannya, saat ini penyebaran berita dan informasi yang masif melalui berbagai media menyebabkan banjirnya informasi yang sulit ditentukan kebenarannya. Oleh karena itu dengan adanya pendidikan dan pelatihan ini para kader Ansor diharapkan dapat membantu meminimalisir informasi bohong atau hoaks yang beredar di media sosial.

Melalui literasi media ini, Pimpinan Cabang GP Ansor Jember berharap agar para anggotanya bisa semakin waspada dalam membedakan berita dan informasi mana yang layak dikonsumsi sehingga bisa mencegah dari kemungkinan terdampak dan terpapar paham radikal tersebut. 

Di samping itu, masyarakat juga dituntut harus lebih selektif dalam memilih sumber berita untuk dijadikan rujukan, Misalnya dengan memilih media-media arus utama yang juga punya peran besar dalam membendung hoaks di medsos karena mereka mampu mengedukasi publik dengan berita yang akurat dan berimbang.

Ke depan Pimpinan Cabang GP Ansor Jember akan terus mengkampanyekan media sosial yang sehat, santun dan mendidik. Untuk itulah, perlu dilakukan peningkatan kapasitas dan kompetensi kader di bidang IT dan literasi media secara berkelanjutan sehingga dapat menghasilkan kader-kader GP Ansor dan Banser Jember yang mumpuni dan ikut membina masyarakat dalam mewujudkan situasi dan kondisi yang aman, damai dan kondusif. Red: Mukafi Niam
BNI Mobile