Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Berikan Contoh yang Baik Sebelum Nasihati Anak

Berikan Contoh yang Baik Sebelum Nasihati Anak
Probolinggo, NU Online
Mustasyar PCNU Kabupaten Probolinggo H. Hasan Aminuddin meminta segenap orang tua agar senantiasa menjaga dan mengawasi anak-anaknya di tengah perkembangan zaman yang begitu pesat dengan kemajuan teknologi yang luar biasa. Orang tua harus mampu memberikan nasihat kepada anaknya melalui contoh yang baik, bukan dengan teori dan wacana belaka.

Hal tersebut disampaikan H Hasan Aminuddin ketika menghadiri haflatul imtihan ke-54 dan wisuda Yayasan Tarbiyatul Islam ke-19 di halaman MTs Sunan Kalijaga di Desa Banyuanyar Tengah Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo, Rabu (17/5) malam.

“Memberikan nasihat kepada anak itu penting dan sudah menjadi kewajiban dari orang tua. Hanya saja nasihat kepada anak harus dilakukan dengan baik. Karena kecerdasan anak saat ini melebihi kecerdasan orang tuanya. Oleh karena itu, orang tua harus memberikan contoh yang baik sebelum memberikan nasihat kepada anaknya,” katanya.

Menurut Hasan, orang tua harus senantiasa memberikan pendidikan yang baik kepada anaknya. Tempatkan anak di lembaga pendidikan agama dan umum sehingga ada keseimbangan antara kecerdasan intelektual dengan kecerdasan emosionalnya.

“Untuk menghindari hal-hal negatif, sekolahkan anak agar mendapatkan didikan akhlak dan ilmu. Yang menjadi keprihatinan orang tua saat ini adalah pengaruh negatif. Oleh karena itu bentengi anak dengan akhlak dan perilaku yang baik. Sebab hal itulah yang dapat menentukan kehidupan di masa depannya,” jelasnya.

Hasan menegaskan bahwa anak adalah calon pemimpin dan dituntut untuk berperilaku yang baik agar supaya menjadi generasi muda yang bermanfaat dan berkualitas. “Anak haruslah mendapat dukungan penuh dari orang tua untuk bersekolah, mendapatkan ilmu dan pendidikan agama terutama pendidikan akhlak agar menjadi generasi muda yang bermanfaat dan barokah,” pungkasnya.

Sementara Ketua Yayasan sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Huda KH Abdul Wafi menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 150 orang siswa/sisiwi dari RA, MI, MTs dan MA di Yayasan Tarbiyatul Islam. “Mudah-mudahan ilmu yang diperoleh menjadi ilmu yang bermanfaat dan barokah,” katanya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua MWCNU Kecamatan Banyuanyar Moh. Toha beserta segenap pengurus, Camat Banyuanyar Didik Abdul Rohim dan jajaran Forkopimka Banyuanyar.

Dalam kesempatan tersebut diberikan penghargaan berupa tropy kepada Elvin Hamidiyah sebagai siswi terbaik ketiga ujian nasional berbasis kertas dan pensil se-Kerja Kelompok Madrasah MAN Pajarakan oleh H Hasan Aminuddin didampingi Kepala MA Sunan Kalijaga Ustad Hafidz. (Syamsul Akbar/Zunus)

Posisi Bawah | Youtube NU Online