IMG-LOGO
Daerah

UNU Blitar Luncurkan Jurnal Internasional


Selasa 23 Mei 2017 14:30 WIB
Bagikan:
UNU Blitar Luncurkan Jurnal Internasional
Blitar,  NU Online
Universitas Nahdlatul Ulama Blitar (UNU Blitar) telah melaksanakan peluncuran jurnal internasional dan workshop penulisan karya tulis ilmiah aplikatif berbasis karakter pada tanggal 19-21 Mei 2017. 

Kegiatan diikuti oleh 100 peserta dan bertempat di aula lantai 3 UNU Blitar dengan menghadirkan narasumber Rektor UNU Blitar HM Zainuddin Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah Blitar Raya Budi Elias, dan Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar Imam Sapingi. 

Dalam sambutannya Rektor UNU Blitar HM Zainuddin menyebutkan, ”Saat ini adalah era riset, di mana banyak negara maju saat ini semua langkah kebijakan diawali oleh kajian ilmiah.” Satu contoh adalah negara Israel, yang sebenarnya negara kecil namun punya banyak pengaruh di dunia karena setiap kebijakannya selalu diawali oleh kajian ilmiah.

Dalam momentum ini pula, ia mengajak kepada seluruh peserta kegiatan yang terdiri dari guru, dosen, dan mahasiswa untuk selalu mengawali langkahnya dalam bekerja dengan riset terlebih dahulu. 

Pada acara ini, diluncurkan jurnal internasional UNU Blitar yang bernama Journal of Development Research. Jurnal ini merupakan jurnal dengan bidang kajian pembangunan manusia dan pembangunan kawasan. Jurnal ini siap memfasilitasi siapapun yang ingin berkarya dan menerbitkan artikel untuk dipublikasikan di dunia Internasional. Jurnal ini dapat diakses di www.journal.unublitar.ac.id.

Setelah acara peluncuran, dilanjutkan kegiatan workshop dengan narasumber tunggal HM Zainuddin. Ia menjelaskan urgensi penelitian dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan guru dan dosen, kiat penulisan penelitian tindakan kelas, dan kiat publikasi artikel di jurnal berkualitas. Ia juga menegaskan bahwa UNU Blitar siap membimbing dan menfasilitasi peserta sampai berhasil menerbitkankan artikel ilmiahnya.

”UNU Blitar sebagai perguruan tinggi perjuangan siap berjuang memfasilitasi dan membimbing guru-guru untuk berkarya sampai dapat mempublikasikan artikelnya di jurnal berkualitas, terutama di Jurnal UNU Blitar,” tegasnya. 

Perlu diketahui UNU Blitar selain mempunyai jurnal internasional (Journal of Development Research) juga telah terlebih dahulu menerbitkan jurnal nasional bernama Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual (dapat diakses di www.jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant).

Adapun kegiatan ini merupakan wujud keberadaan UNU Blitar sebagai PT yang siap mengabdi untuk masyarakat. Serta tempat kajian untuk membantu memecahkan permasalahan  yang dihadapi masyarakat. Dalam kegiatan ini permasalahan guru dalam menulis karya ilmiah dan publikasi ilmiah. Red: Mukafi Niam
Bagikan:
IMG
IMG