Madrasah Aliyah Unggulan WH Tambakberas Santuni Ratusan Yatim

Madrasah Aliyah Unggulan WH Tambakberas Santuni Ratusan Yatim
Jombang, NU Online
Ratusan yatim piatu dan dhuafa memadati halaman Madrasah Aliyah Unggulan KH Abdul Wahab Hasbullah (MAU WH)Tambakberas Jombang. Tampak pula sejumlah tetangga sekitar yang berbaur dengan para guru, karyawan dan siswa-siwi madrasah ini. Mereka berkumpul dalam kegiatan peringatan nuzulul Quran dan buka puasa bersama tetangga dan yatim piatu, Ahad (11/6) petang.

"Tadi siang telah kami serahkan setidaknya 300 paket zakat fitrah kepada tetangga sekitar madrasah," kata Faizun Amir selaku Kepala MAU WH.

Dan pada sore hari juga dibagikan 129 tali asih kepada para dhuafa khususnya yatim piatu. Mereka juga diundang untuk mengikuti acara buka bersama dengan seluruh siswa dan pimpinan, guru serta karyawan MAU WH.

Menurut Ustadz Faizun, tradisi memberikan tali asih kepada tetangga telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari MAU WH. "Jumlahnya dari tahun ke tahun alhamdulillah terus bertambah," kata alumnus pascasarjana Universitas Islam Malang tersebut. Ini juga sebagai sarana untuk kian mengakrabkan antara madrasah dan tetangga sekitar.

"Kepedulian kepada warga sekitar turut ditanamkan kepada para siswa dan siswi MAU WH," katanya. Hal tersebut dibuktikan dengan kegiatan sapa tetangga yang rutin diselenggarakan sebulan sekali, yakni tanggal 17. Pada kegiatan tersebut para siswa dan siswi membagikan paket sembako kepada tetangga sekitar madrasah yang dianggap kurang mampu.

Pembina  MAU WH Nyai Hj Mundjidah Wahab mengapresiasi ikhtiar yang dilakukan madrasah selama ini. "Sehingga tetangga adalah bagian tidak terpisahkan demi kemajuan madrasah," kata Hj Munjidah yang juga Ketua Muslimat NU Jombang tersebut.

Dengan dukungan tetangga serta para yatim piatu diharapkan madrasah ini kian diminati masyarakat dan mampu mengantarkan alumninya menjadi insan berguna di manapun berada, lanjutnya.

"Mohon doanya agar pada tahun mendatang, kegiatan ini semakin ditingkatkan jumlah santunan yang diterima, serta kian banyak pula warga yang diundang," tandas perempuan yang juga Wakil Bupati Jombang ini.

Kegiatan dipungkasi dengan pemberian santunan dan bingkisan, serta buka puasa bersama. Tampak ratusan anak yatim piatu dan tetangga sekitar madrasah ceria menerima tali asih yang diberikan. (Ibnu Nawawi/Alhafiz K)

BNI Mobile