Sambut Lebaran, IPNU-IPPNU Kracak Gelar Aneka Lomba Edukatif

Sambut Lebaran, IPNU-IPPNU Kracak Gelar Aneka Lomba Edukatif
Banyumas, NU Online
Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Desa Kracak, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas menggelar berbagai macam lomba untuk memeriahkan bulan Ramadhan sekaligus menyambut hari raya Idul Fitri 1438 H.

Lomba yang diikuti oleh anak-anak usia 6-12 tahun tersebut digelar di kompleks Pondok Pesantren Al-Huda Pulasari Desa Kracak, Kecamatan Ajibarang, Rabu (21/6).
Kegiatan lomba meliputi, cerdas cermat, tartil, hafalan juz 30 Al-Qur’an, merangkai huruf hijaiyah, serta lomba adzan dan iqomah.

Ketua PR IPPNU Kracak Syafiatun mengungkapkan, anak-anak kecil perlu kegiatan yang tidak membosankan, yang edukatif dan rekreatif. "Kami ingin mengajari anak-anak, memberikan edukasi khususnya dibidang ilmu agama," katanya.

Menurut Syafi, sapaan akrabnya, anak-anak juga butuh ruang untuk berekspresi, butuh tempat untuk menunjukan dirinya, sehingga nantinya bisa timbul percaya diri di dalam hatinya.

"Mentalitas anak perlu dilatih sejak dini, sehingga nantinya bisa berkembang seiring beranjak dewasa," lanjut mahsiswi Tarbiyah IAIN Purwokerto itu.

Eva Nuryanti, sekertaris panitia kegiatan, berharap, lomba ini bisa mencetak generasi muda yang cerdas dan berkarakter. "IPNU-IPPNU kan organisasi pelajar, ya kegiatannya juga harus belajar," katanya singkat di sela-sela acara lomba.

Pera peserta yang mengikuti kegiatan lomba tersebut terlihat sangat antusias dan semangat walaupun dalam suasana berpuasa. Pengurus Ranting NU setempat dan para orang tua yang mendampingi anaknya mengapresiasi kegiatan lomba tersebut.

"Kegiatan seperti ini sangat baik untuk dilakukan,karena memacu anak-anak untuk belajar, kalau bisa setiap tahun rutin diadakan," kata Yani salah satu orang tua yang mendampingi anaknya lomba. (Kifayatul Ahyar/Mahbib)

BNI Mobile