IMG-LOGO
Nasional

Pengasuh Pesantren Al-Falah, Ajengan Syahid Wafat


Sabtu 5 Agustus 2017 22:35 WIB
Bagikan:
Pengasuh Pesantren Al-Falah, Ajengan Syahid Wafat
Ajengan Syahid (kiri) bersama Habib Luthfi
Bandung, NU Online
KH Ahmad Syahid, pengasuh Pondok Pesantren Al-Qur'an Al-Falah, Cicalengka-Nagrek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, meninggal dunia di Rumah Sakit AMC Bandung, Sabtu (5/7) bakda maghrib.

Kabar tersebut tersebar cepat di media sosial BBM dan WA dan dibenarkan oleh putranya KH Rif'at Abi Syahid. Ulama yang akrab dipanggil Ayah atau Ajengan Syahid itu tercatat pernah menjuarai seni baca Al-Qur’an atau MTQ Tingkat Nasional Pertama tahun 1968 di Ujung Pandang atau kini disebut Makassar, Selawesi Selatan.

Syekh Muhammad Hisyam Kabbani an-Naqsabandi mendaulat empat ulama sebagai wakil dari Syekh Muhammad Nazhim Adil al-Haqqani an-Naqsyabandi yang tersebar di Jawa Barat, Jakarta, dan Jawa Tengah. Ajengan Syahid termasuk salah satunya, untuk wilayah Jawa Barat.

Sementara ketiga ulama lainnya antara lain KH Taufiqqurahman al-Subky (Wonopringgo, Pekalongan, Jawa Tengah), Habib Luthfi bin Yahya (Pekalongan, Jawa Tengah), dan KH Wahfiudin (Jakarta).

KH Ahmad Syahid pernah dipasangkan dengan Zannuba Arifah Chafsoh atau Yenny dan terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Dewan Syuro dan Ketua Umum Dewan Tanfidz dalam Muktamar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) kubu Gus Dur di Surabaya pada 2010 lalu. (Anty Husnawati/Mahbib)

Tags:
Bagikan:
IMG
IMG