Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Lembaga Falakiyah NU Banyuwangi Amati Gerhana Bulan Setengah

Lembaga Falakiyah NU Banyuwangi Amati Gerhana Bulan Setengah
Banyuwangi, NU Online
Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Kabupaten Banyuwangi melaksanakan observasi gerhana bulan sebagian, khusuful qomar, Senin (7/8) malam dari pukul 22.00 hingga Selasa (8/8) dini hari 03.00 WIB di Mushalla Baitul Qudus, Plampangrejo Cluring, Banyuwangi.

Gerhana bulan ini adalah momen yang sangat berharga sekali karena tidak setiap tahun ada gerhana bulan. Pada tahun ini hanya sekali, dan tahun depan baru ada pada tanggal 31 Januari 2018.

Kegiatan ini digelar dalam rangka mengembangkan kemampuan pegiat falakiyah dalam mengoperasikan alat-alat baru astronomi, yaitu teleskop komputerisasi, total station, dan menghubungkannya dengan proyektor. Di samping itu kegiatan pengamatan ini diadakan untuk mencocokkan hasil hitungan falak dari berbagai metode kitab klasik hingga kontemporer dengan kondisi riil gerhana bulan.

Hadir dalam kegiatan ini para penggiat falakiyah, ustadz dari beberapa pesantren, santri, dan tokoh masyarakat. Mereka berasal dari berbagai penjuru Banyuwangi, seperti Tegaldlimo, Bangorejo, Sempu, Singojuruh, Songgon, Cluring, dan lainnya.

Gerhana Bulan Seperempat ini dimulai pada pukul 22:50 WIB sebagai kontak awal penumbra. Secara kasat mata gerhana baru akan bisa dilihat mulai pukul 00:23 WIB dengan terjadinya kontak awal umbra. Puncak gerhana terjadi pada pukul 01:20 WIB ditandai dengan magnitudo gerhana 0,25 (alias 25 % cakram bulan tertutupi umbra bumi).

Secara kasatmata pula gerhana akan terlihat berakhir pada pukul 02:18 WIB saat kontak akhir umbra terjadi. Tetapi akhir gerhana yang sesungguhnya adalah pada pukul 03:51 WIB saat kontak akhir penumbra. Sejak awal umbra disunatkan untuk melaksanakan shalat khusuful qamar.

Sekretaris LFNU Banyuwangi Ghufron Mustofa menyampaikan, LFNU Banyuwangi akan terus memfasilitasi para pegiat falakiyah untuk melaksanakan kegiatan semacam ini.

Di samping untuk benar-benar melakukan pengamatan terhadap bulan, aktivitas pengamatan ini juga bermanfaat bagi para pegiat astronomi untuk belajar dan mempraktikkan langsung ilmu yang mereka dapatkan. (Anang Lukman Afandi/Alhafiz K)

BNI Mobile