Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Perguruan Tinggi NU dan KPK Bahas Program Pendidikan Anti-Korupsi

Perguruan Tinggi NU dan KPK Bahas Program Pendidikan Anti-Korupsi
Jakarta, NU Online
Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membahas program pendidikan anti-korupsi di lantai 5 Gedung PBNU, Jakarta Pusat, Jumat (11/8) siang.

Menurut Sekretaris LPTNU Lukmanul Khakim, salah satu yang dibahas pada pertemuan pertama ini adalah agenda untuk memberikan pendidikan anti-korupsi bagi seluruh civitas akademika yang bernaung di bawah lembaga pendidikan tinggi NU.

"Jadi agenda ke depan, pendidikan anti-korupsi akan kita tanamkan, baik itu melalui kurikulum maupun nanti ada beberapa tema yang sifatnya bisa disampaikan melalui pelatihan, ada games (juga)," katanya.

Menurutnya, program pendidikan anti-korupsi ini sangat penting untuk mahasiswa sebagai kawah candra di muka. "Pengkaderan bagi pemimpin-pemimpin republik ini mulainya dari kampus," katanya.

Mahasiswa yang akan keluar dari kampus dibekali terlebih dulu agar memiliki mental yang kuat dan berintegeritas. Dengan adanya program pendidikan anti-korupsi, mahasiswa selain mendapatkan kompetensi yang didapat dari kampus juga mendapatkan integritas. Hal itu juga diharapkan bisa diterapkan ke berbagai profesi yang digelutinya usai lulus kuliah.

"Ketika mereka nanti keluar dan sudah mendapatkan pendidikan anti-korupsi ini, harapan kami, integritas itu terus dijaga. Jadi perpaduan antara kualitas dan integritas melahirkan pemimpin-pemimpin bangsa yang kuat, yang maju dan berintegeritas," terangnya.

Setelah pertemuan ini, menurutnya, akan ada pertemuan lanjutan untuk membahas teknis program kerja sama pendidikan anti-korupsi ini. (Husni Sahal/Alhafiz K)

BNI Mobile