HUT KE-72 RI

Meriahkan Hari Kemerdekaan, Santri Al-Ghozali Gelar Lomba Jasmani dan Rohani

Meriahkan Hari Kemerdekaan, Santri Al-Ghozali Gelar Lomba Jasmani dan Rohani
Jombang, NU Online
Tidak mau ketinggalan dalam memeriahkan HUT Ke-72 RI, ratusan santri putra Pondok Pesantren Bahrul Ulum Ribath Al-Ghozali Tambakberas, Jombang mengadakan lomba olahraga antarkamar, Ahad (20/8). Perlombaan yang dipertandingkan antara lain takraw, memecahkan balon berisi air dengan mata tertutup, voli, kamar terbersih dan beberapa lomba hiburan lainnya. Jenis lomba ini biasa disebut dengan lomba jasmani.

Selain itu, di pesantren ini juga ada perlombaan yang diistilahkan dengan lomba rohani, sebab akan berkaitan langsung dengan rohani santri seperti kreasi nazham, baca kitab, cerdas cermat agama, pelatihan merawat jenazah. Hal ini dilakukan untuk merawat ciri khas pesantren.

"Kebetulan teman-teman libur dan tidak pulang, maka kita isi dengan lomba olahraga biar sehat," kata pengurus Ribath, Choiru Rojikin (Oji).

Oji menjelaskan tradisi menggabungkan lomba jasmani dan rohani di pondoknya sudah menjadi hal biasa. Hal ini dilakukan untuk menyeimbangkan keduanya karena untuk melestarikan budaya pesantren butuh fisik yang kuat, tubuh yang sehat diperoleh dengan olahraga yang rajin.

"Prinsip kami, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat," ujarnya.

Untuk kesuksesan lomba, seluruh santri dimintakan iuran seikhlasnya. Uang yang terkumpul digunakan untuk membeli hadiah, peralatan lomba dan snack bagi dewan juri. Setiap kamar harus mengirimkan minimal satu wakil pada setiap perlombaan.

"Lombanya sederhana, yang penting rasa kekeluargaan di antara para santri tambah subur," pungkasnya. (Syamsul Arifin/Alhafiz K)
BNI Mobile