IMG-LOGO
Internasional

Soal Rohingya, PBB Nilai Myanmar Lakukan 'Pembersihan Etnis'


Senin 11 September 2017 22:00 WIB
Bagikan:
Soal Rohingya, PBB Nilai Myanmar Lakukan 'Pembersihan Etnis'
Zeid Ra'ad Al Hussein, komisioner tinggi Hak Asasi Manusia PBB (Reuters)
Geneva, NU Online
Dewan Hak Asasi Manusia PBB, Senin (11/9), mengeluarkan kecaman terhadap "serangan sistematis" Myanmar terhadap minoritas Rohingya di Myanmar. PBB menangkap kesan bahwa praktik pembersihan etnis kini sedang berlangsung di sana.

"Karena Myanmar telah menutup akses masuk penyelidik hak asasi manusia, situasi saat ini belum dapat diperiksa sepenuhnya," kata Zeid Ra'ad Al Hussein, komisioner tinggi Hak Asasi Manusia PBB, seperti dikutip AFP.

Kondisi minoritas Muslim Rohingya memburuk sejak 25 Agustus lalu menyusul praktik pembakaran ribuan rumah tinggal, penembakan, dan aksi kekerasan lainnya oleh militer Myanmar yang berdalih sedang memburu "teroris Bengali", sebutan untuk militan Rohingya yang melakukan serangan terhadap mereka.

PBB melaporkan, hingga kini total orang Rohingya yang telah melarikan diri ke Bangladesh sejak 25 Agustus mencapai 313.000 jiwa. Mereka melakukan eksodus dari tempat tinggalnya di Provinsi Rakhine, Myanmar, menuju negara tetangga, Bangladesh.

Ahad kemarin, PBB menyampaikan bahwa sekitar 294.000 Rohingya telah tiba di Bangladesh, hanya naik 4.000 orang dari hari sebelumnya. (Red: Mahbib)

Bagikan:
IMG
IMG