Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Tahun Baru Hijriah, Momentum Perbaiki Niat Beribadah

Tahun Baru Hijriah, Momentum Perbaiki Niat Beribadah
Pawai obor tahun baru hijriah.
Pawai obor tahun baru hijriah.
Banyumas, NU Online 
Tahun baru Hijriah seharusnya digunakan sebagai momentum untuk memperbaiki niat dalam beribadah kepada Allah SWT. Karena niat merupakan salah satu pokok atau kunci dalam hal beribadah. 

KH Habib Mahfud (Gus Habib), Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Huda Pesawahan Rawalo Banyumas mengungkapkan hal tersebut ketika ditemui di kediamannya, Rabu (27/9) pagi. 

Gus Habib menerankan, ada dua golongan yang mengikuti Nabi dalam berhijrah, pertama golongan yang hijrah karena Allah dan Rasulnya, kedua golongan yang hijrah karena harta atau wanita. 

"Niat adalah kunci dalam beribadah," katanya. 

Selain itu, tahun baru Hijriah juga harusnya digunakan sebagai momentum untuk memperbaharui ketulusan dalam bersikap. Karena ketulusan atau keihlasan merupakan kunci kedua, setelah niat dalam beribadah. 

"Setelah kita berniat melakukan ibadah, maka tubuh dan hatu kitapun harus ikhlas melakukan ibadah tersebut," lanjutnya. 

Karena, jika sudah ada niat yang baik, tapi tidak ikhlas melakukannya, itu bisa menjadi percuma dan akan mengurangi pahala ibadah kita, tambah pria yang juga menjadi Rektor Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran Miftahul Huda (STIQMA) Pesawahan Rawalo Banyumas itu. 

"Niat yang baik harus pula dibarengi dengan tindakan yang baik,yang ikhlas dan tuluas," pangkas Gus Habib. (Kifayatul Ahyar/Fathoni)
BNI Mobile