Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Ber-NU Secara Kaffah

Ber-NU Secara Kaffah
Pelantikan PW IPNU Jabar
Pelantikan PW IPNU Jabar
Bandung, NU Online
Wakil Ketua PWNU Jawa Barat KH Didi Hudaya menyampaikan IPNU merupakan gerbang awal kaderisasi NU. Organisasi yang didirikan oleh para ulama tanah air ini sangat bergantung pada IPNU.
 
Hal tersebut disampaikan Kiai Didi saat pelantikan Pengurus Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Jawa Barat (PW IPNU Jabar) di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Rabu (11/10).

"Hari ini jadi pengurus PW IPNU Jabar, sekian tahun ke depan adalah pengurus NU di berbagai tingkatan. Saya misalnya, bisa berdiri di sini karena melalui proses kaderisasi, merangkak terus, dan sampai hari ini tidak pernah kosong dari perjuangan dan pengabdian," kata Kiaia Didi Hudaya.

Menurutnya, menjadi kader IPNU berarti juga menjadi kader bangsa. Indonesia saat ini, menurut KH Didi Hudaya, sedang diuji sebagai bangsa. Namun bagi NU, antara kecintaan terhadap agama dan negara tidak bisa dipisah-pisahkan. 

“Saat orang lain masih membincangkan nasionalisme, para muassis NU sudah menyatakan hubbul wathan minal iman,” ungkapnya

Ia menekankan PW IPNU Jabar harus ber-NU secara kaffah. Hal itu lantaran dewasa ini, NU dianggap seperti memiliki varian rasa sebagai konsekuensi dari interaksi sosial yang ada. Karenanya, dia berharap IPNU harus bisa menjadi NU yang benar-benar rasa NU.

"Banyak yang mengaku sebagai warga NU, karena memang ubudiyahnya NU. Tapi pola pikirnya beda. Akhirnya NU punya banyak varian rasa. IPNU harus bisa menjadi subjek yang bisa menyatukan fikrah, amaliyah, dan harakah ala NU," tegasnya (Aru Elgete/Kendi Setiawan)

Posisi Bawah | Youtube NU Online