IMG-LOGO
Daerah

Prihatin Cara Beragama Penuh Teror, Ini yang Akan Dilakukan Lesbumi Bandung

Sabtu 21 Oktober 2017 12:1 WIB
Bagikan:
Prihatin Cara Beragama Penuh Teror, Ini yang Akan Dilakukan Lesbumi Bandung
Bandung, NU Online 
Ketua Lembaga Seni dan Budaya Muslim Indonesia (Lesbumi) NU Kabupaten Bandung Dadan Madani mengatakan, Lesbumi merasa prihatin dengan kondisi beragama saat ini yang kering dengan nuansa kebudayaan yang ramah dan santun. Sebaliknya yang tampak adalah wajah beragama yang penuh teror dan kekerasan.

Untuk menjawab tantangan itu, kata Dadan, Lesbumi akan berupaya mengembalikan Islam yang ramah dan rahmatan lil alamin, rahmat bagi seluruh alam, bukan sekelompok orang.

“Lesbumi akan menjadikan pesantren sebagai pusat seni budaya. Di pesantren akan diupayakan beragam pelatihan, festival, dan event kesenian,” katanya selepas dilantik menjadi Ketua PC Lesbumi oleh Ketua PCNU Kabupaten Bandung KH Asep Jamaluddin di Pondok Pesantren Darul Ma’arif Cigondewah, Jumat (20/10).  

Kemudian, Lesbumi akan memfasilitasi dan memberikan perlindungan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) seniman Nahdlatul Ulama. 

“Kemudian memberikan legitimasi syariat kepada kesenian lokal yang sejalan dengan hukum syariat atau tidak bertentangan dengan Islam,” katanya. 

Keempat mendokemuntasikan karya-karya seni dan intelektual ulama dan seniman NU serta memperkenalkan juga mempromosikan seni tradisi, membuat database, sejarah, nama dan prestasi seniman NU. 

Selepas pelantikan, pengurus Lesbumi langsung mengadakan diskusi bertajuk “Lawung Budaya dan Tirakat Sastra” dengan tema “Dasar Pemikiran Islam Sunda dalam perahu Islam Nusantara”. 

Dua narasumber pada kegiatan itu adalah Ketua Lesbumi PBNU KH Agus Sunyoto dan Ketua Lakpesdam PWNU Jawa Barat Asep Salahuddin. Selepas itu diadakan pelatihan menulis dengan narasumber Iip D. Yahya dan Neneng Yant KH. (Abdullah Alawi)

Bagikan:
Sabtu 21 Oktober 2017 23:45 WIB
IPNU Kota Pekalongan Siap Bentuk Komisariat di Sekolah Umum
IPNU Kota Pekalongan Siap Bentuk Komisariat di Sekolah Umum
Pekalongan, NU Online
Ketua Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kota Pekalongan M. Riza Arkan menyatakan siap menjalankan amanah Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) untuk membuka komisariat di sekolah umum sebagaimana disampaikan Sekretaris PCNU pada sambutan pembukaan Konferensi Cabang IPNU IPNU ke-25 di Gedung Aswaja, Sabtu (19/10).

Hal tersebut disampaikan Arkan usai dirinya mendapat amanah menjadi Ketua Pimpinan Cabang IPNU Kota Pekalongan periode 2017 - 2019 yang berlangsung di SMA Hasyim Asy'ari.

Dikatakan, selain program penambahan komisariat di sekolah umum, pihaknya bersama tim yang akan dilengkapi dalam waktu dekat juga akan berusaha melaksanakan seluruh program yang telah diputuskan dalam sidang pleno. Oleh karena itu, dirinya meminta kepada senior seniornya untuk membantu dukungan moril agar amanah ini dapat dilaksanakan dengan baik.

"Saya sebagai ketua terpilih sangat berharap dukungan dari senior untuk mengemban amanah ini agar program program yang telah diputuskan dalam konfercab dapat kami jalankan,"ujar Riza Arkan yang juga staf KSPPS SMNU Kota Pekalongan.

Dikatakan, untuk melaksanakan program 2 tahun ke depan, dalam waktu dekat ini dirinya akan segera memilih teamwork yang baik dan bisa diajak bekerja. Pasalnya, tantangan IPNU ke depan semakin berat sehingga dibutuhkan kepengurusan yang solid dan siap mengorbankan waktu dan tenaga untuk kejayaan IPNU Kota Pekalongan.

Sementara itu, Ketua Ikatakan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) terpilih Arie Fitriyani mengaku siap menjalankan amanah konfercab selama dua tahun ke depan. 

Arie Fitriyani yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua PC IPPNU Kota Pekalongan periode 2015/2017 berharap mendapat dukunngan dan bimbingan dari senior seniornya. 

M. Riza Arkan berasal dari PAC IPNU Pekalongan Selatan dan Arie Fitriyani dari PAC IPPNU Pekalongan Utara adalah Ketua IPNU dan IPPNU terpilih hasil Konfercab ke 25 yang berlangsung di Gedung Aswaja dan SMA Hasyim Asy'ari Kota Pekalongan tanggal 19 - 20 Oktober 2017.

Beberapa agenda kegiatan pra konfercab berhasil digelar yakni lomba cerdas cermat, festival simtud duror dan samroh tingkat pelajar, seminar anti narkoba dan wisata religi ziarah ke makam Habib Hasyim bin Yahya dan Habib Ahmad Alatas Pekalongan serta gebyar sholawat dengan iringan tarian sufi dari anggota IPNU IPPNU Kota Pekalongan. (Abdul Muiz/Mahbib)

Sabtu 21 Oktober 2017 23:2 WIB
Peringati HSN, MTs Raudlatul Muta’allimin Gelar Diklat Dasar Kepemimpinan
Peringati HSN, MTs Raudlatul Muta’allimin Gelar Diklat Dasar Kepemimpinan
Probolinggo, NU Online
Sebagai upaya rangkaian memperingati Hari Santri Nasional (HSN) ke-3 tahun 2017, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Raudlatul Muta’allimin Kelurahan Wonoasih Kecamatan Wonoasih Kota Probolinggo menggelar pendidikan dan pelatihan (diklat) dasar kepemimpinan, Jum’at hingga Ahad (20-22/10).

Dalam kegiatan ini beragam kegiatan dilaksanakan mulai dari latihan kepemimpinan, kajian Aswaja (Ahlussunnah wal Jamaah), napak tilas tokoh NU (Pendiri Pondok Pesantren Raudlatul Muta’allimin Alm KH Marzuqi), nonton bareng (nobar) sang kiai serta upacara secara sederhana memperingati HSN ke-3 tahun 2017.

Kegiatan ini diikuti oleh 185 siswa kelas 7 dan 8 MTs Raudlatul Muta'allimin. Tidak ketinggalan pula para dewan guru MTs Raudlatul Muta’allimin.

Kepala Tata Usaha (TU) MTs Raudlatul Muta’allimin Abdul Jalal mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melatih kepemimpinan, melatih kemandirian sebagaimana seorang santri, mengetahui makna seorang santri serta memeriahkan Hari Santri Nasional (HSN) ke-3 tahun 2017.

“Ketaatan seorang santri kepada guru dan ilmunya akan membawanya dalam keselamatan di dunia dan akhirat. Intinya adalah melatih kepemimpinan santri yang ada di MTs Raudlatul Muta’allimin,” kata pengurus GP Ansor di Kabupaten Probolinggo ini.

Wakil Kepala Kesiswaan MTs Raudlatul Muta’allimin Bahyun mengharapkan kegiatan ini bisa menumbuhkan semangat belajar siswa dan menumbuhkan mental kepemimpin terhadap siswa. Sesuai dengan motto peringatan HSN ke-3 tahun 2017 Santri Mandiri NKRI Hebat.

“Harapan kami kegiatan ini bisa terlaksana setiap tahun. Karena dengan ini Insyaallah bisa membentengi siswa dari hal-hal yang negatif di antaranya narkoba yang sudah marak belakangan ini. Dengan adanya kegiatan ini bisa mengantisipasi dari kegiatan yang negatif dengan nasehat dan motivasi siswa untuk berprestasi,” ungkapnya. (Syamsul Akbar/Alhafiz K)

Sabtu 21 Oktober 2017 22:52 WIB
Baru Dibuka, Biro Travel Umrah Ansor Purworejo Diserbu Muslimin
Baru Dibuka, Biro Travel Umrah Ansor Purworejo Diserbu Muslimin
Jajaran pengurus dan pembina SorbanNU Purworejo
Purworejo, NU Online
Sebagai organisasi kepemudaan Islam yang salah satu programnya adalah mengawal nilai-nilai dan doktrin agama Islam, Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Purworejo terus meningkatkan pelayanan umat. Di antaranya adalah membuka Biro Travel Haji Plus dan umrah bernama Sorban Nusantara (SorbanNU).

Menurut Muhammad Haekal selaku ketua PC GP Ansor Purworejo, meski baru beberapa bulan dibuka, namun SorbanNU sudah mendapat banyak respon positif dari masyarakat.

"Pertama bulan Mei lalu kita beragkatkan 29 orang. Sedangkan untuk angkatan kedua ini sudah ada 120 orang yang mendaftar," terangnya ketika ditemui NU Online, Sabtu (20/10).

"SorbaNU sendiri didirikan oleh Pimpinan Pusat GP Ansor. Sedangkan kita di kabupaten menjadi mitra sekaligus perwakilan cabangnya. Alhamdulillah, saya banyak dikontak berbagai cabang-cabang Ansor yang ingin sharing terkait pengelolaan SorbanNU ini," terangnya.

Branch Manger SorbanNU Purworejo, Harisuddin, terus meningkatkan profesionalitas dan pelayanan seperti mengadakan manasik secara periodik yang diampu langsung oleh para kiai dari PCNU Purworejo seperti KH. Dawud Masykuri dan KH. Attabik Baqir. 

"Untuk periode kedua ini, yang akan berangkat bulan November mendatang, diampu langsung oleh Syuriyah NU Purworejo, KH. Habib Hasan Agil Ba'bud," ungkapnya.

Terpisah, KHA Hamid selaku ketua PCNU Purworejo mendukung langkah GP Ansor yang terus berbuat untuk masyarakat. Ia berharap SorbanNU Ansor semakin meningkatkan pelayanannya.

"Kita dari PCNU sih berharap agar pelayanannya terus ditingkatkan. Dengan pelayanan yang baik,  masyarakat semakin trust (percaya) dan nyaman pada SorbanNU," ungkapnya. (Ahmad Naufa/Mahbib)


IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
Peresmian Bank Wakaf Mikro di Banten Oleh Presiden RI
IMG
IMG