IMG-LOGO
Daerah

Di Depan Ribuan Jama'ah NU Malangbong, Aceng Hilman Ingatkan Peran Santri dalam Pergerakan


Senin 30 Oktober 2017 12:01 WIB
Bagikan:
Di Depan Ribuan Jama'ah NU Malangbong, Aceng Hilman Ingatkan Peran Santri dalam Pergerakan
Garut, NU Online
Kegiatan Kecamatan Bershalawat yang diadakan oleh Pengurus Anak Cabang GP Ansor Malangbong digelar di alun-alun Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut. Kegiatan ini dihadiri oleh ribuan warga NU Malangbong, Sabtu (28/10).

Kegiatan Ansor bershalawat dihadiri oleh Camat Malangbong, Kapolsek Malangbong, Ketua MUI Malangbong, Ketua LP Ma'arif NU Garut KH A Hilman Umar Basori, Wakil Ketua Kaderisasi GP Ansor Garut H R Romli, Ketua MWCNU Malangbong KH Ahmad Mukhlis, pimpinan pondok pesantren se-Kecamatan Malangbong, dan Muspika Kecamatan Malangbong lainnya.

Aceng Hilman mengatakan, "Indonesia bisa merdeka karena adanya perjuangan santri, korban yang meninggal 20.000 lebih santri yang ikut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu, santri harus diperhitungkan karena sama-sama ikut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Pada tanggal 22 Oktober lahirlah Resolusi Jihad yang dicetuskan oleh Hadratussyekh KH Hasyim Asy'ari, dengan adanya Resolusi Jihad itu mampu membakar semangat juang para santri dan bangsa Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang kita cintai ini."

Tanpa santri, Indonesia belum tentu berdiri. Oleh karena itu kita harus bangga menjadi santrinya para kiai dan ajengan, khususnya menjadi santrinya ulama NU. “Tapi ingat walaupun sebagai santri kita harus bergandengan tangan dengan golongan lain, suku lain, dan organisasi lain untuk mempertahankan NKRI sebagai negara kita bersama," tegasnya.

Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda, R Romli juga mengingatkan eksistensi "Gerakan Pemuda Ansor dan Banser sebagai penjaga ulama dan negara, karena Ansor merupakan organisasi kepemudaan yang didirikan sebelum kemerdekaan sehingga patut diperhitungkan sebagai garda terdepan dalam menjaga NKRI harga mati." (Muhammad Salim/Alhafiz K)

Bagikan:
IMG
IMG