: UNU Jogja adalah perguruan tinggi pertama di Indonesia yang menerapkan sistem blok pada semua program studi daftar sekarang di www.pmb.unu-jogja.ac.id atau 0822 3344 9331 :: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Asosiasi Mahasiswa Seni Islami (AMSI) Dideklarasikan

Jumat, 03 November 2017 07:05 Nasional

Bagikan

Asosiasi Mahasiswa Seni Islami (AMSI) Dideklarasikan
Yogyakarta, NU Online
Saat ini mahasiswa-mahasiswa yang bergerak di bidang wawasan Al-Quran dan seni Islami di Indonesia sudah mempunyai wadah organisasi. Hal itu ditandai dengan adanya deklarasi Asosiasi Mahasiswa Seni Islami (AMSI) Nusantara di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Rabu, (1/11).

Untuk mewujudkan AMSI Nusantara yang legal dan resmi, menurut penyelenggara acara Husen Umar, segera diselenggarakan Muktamar Nasional Perdana dan Kemah AMSI Nusantara pada tahun 2018 mendatang. Menurutnya, agenda ini akan diselenggarakan di antara tiga tempat yaitu Jakarta, Semarang, atau Kudus.

“Menunggu kesiapan calon tuan rumah. Kemungkinan pada pertengahan semester kedua tahun 2018,” ujar Purna Ketua Umum HIQMA UIN Jakarta itu.

Deklarasi yang ditandai dengan piagam itu disepakati dan ditandatangani oleh 13 organisasi Wawasan Al-Quran dan Seni Islami Nusantara dari 12 perguruan tinggi. Dari piagam itu, terpilih Dede Tarlan UPTQ UIN Sunan Gunung Jati Bandung sebagai Ketua dan Zukarnaen Lana S dari HIQMA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai Sekretaris. Selain itu beberapa ketua juga ditugasi sebagai koordinator di enam wilayah, yaitu Sumatra, Jawa bagian barat, Jawa bagian tengah, Jawa bagian timur dan Bali, Sulawesi dan Kalimantan, serta Indonesia bagian timur.

Ketua Umum AMSI Dede Tarlan mengharapkan semoga AMSI Nusantara bisa menjadi wadah silaturahmi dan saling berbagi untuk mahasiswa wawasan Al-Quran dan seni islami Nusantara. Selain itu, ia juga menyinggung bahwa hidupnya organisasi adalah karena adanya kegiatan, untuk itu semoga AMSI dapat mempunyai agenda pertemuan setahun sekali, seperti muktamar dan kemah AMSI.

“Ini yang bisa kita komitmenkan untuk masa-masa pendirian AMSI Nusantara saat ini. Selain itu, pengurus juga akan mengusahakan akan kepada apa AMSI Nusantara ini bernaung. Semoga istiqamah,” pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut HIQMA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UPTQ UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UPTQ UIN Sunan Maulana Hasanudin Banten, HIQMA UIN Raden Intan Lampung, HTQ IAIN Syekh Nurjati Cirebon, UPTQ IAIN Pekalongan, JQH Asy-Syauq IAIN Kudus, UKM Ihfadz Universitas Trunojoyo Madura, JQH ElFahsya ElFebis UIN Walisongo Semarang, JQH Al-Mizan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, IQMA UIN Sunan Ampel Surabaya, UPTQ UIN Sunan Ampel Surabaya, dan SR UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, kemudian MPQ Universitas Muhammadiyah Surakarta, JQH IAIN Samarinda, dan ASC (Al-Quran Study Club) Universitas Malang. (Muhammad Ilhamul Qolbi/Alhafiz K)