Besuk Warga Opname, Terbaru dari UPZISNU Pacarpeluk

Jombang, NU Online
Salah satu bentuk baru penyaluran dana Koin Sedekah Pacarpeluk adalah besuk warga sakit yang rawat inap (opname). Hal ini menjadi hasil kesepakatan rapat antara Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Pacarpeluk, Pengurus UPZISNU Pacarpeluk, dan Pemerintah Desa Pacarpeluk, Jombang, Jawa Timur.

Nine Adien Maulana, Ketua PRNU Pacarpeluk mengatakan rapat yang diselenggarakan pada Senin malam, 2 Oktober 2017 di Masjid Baitul Muslimin Dusun Peluk itu juga menyepakati besaran santunan minimal yaitu Rp200.000,-(dua ratus ribu rupiah). 

“Hal ini berlaku untuk semua warga Pacarpeluk baik yang menjadi donatur Kaleng Koin Sedekah maupun tidak, baik yang termasuk warga NU maupun selain NU,” kata Nine, Ahad (5/11).

Nine menambahkan, program tersebut disinergikan dengan Pemerintah Desa khususnya Rukun Tetangga (RT) setempat. Hal ini diharapkan bisa membangkitkan kembali tradisi kebersamaan yang baik dalam menjenguk dan mendoakan orang yang sakit.  

Hingga berita ini ditulis, program telah terealisasi sedikitnya dua kali, yakni mengunjungi Rawi, warga dusun Peluk yang dirawat di RSUD Ploso; juga Imam Syafii, warga Dusun Peluk yang dirawat di RSUD Jombang. 

“Alhamdulillah melalui program ini kerukunan, kekompakan dan keguyuban (keakraban) warga Pacarpeluk tampak sangat nyata.” ucap Bambang Suirman, Kepala Desa Pacarpeluk. 

Program tersebut juga melengkapi penyaluran yang telah berjalan selama ini, yaitu Santunan Duka Kematian, Jaminan Kesehatan (Kartu Pacarpeluk Sehat), dan Santunan Persalinan bagi pemilik Kartu Pacarpeluk Sehat.
Bentuk-bentuk penyaluran dana sedekah akan terus berkembang sesuai dengan kebutuhan. 


PRNU Pacarpeluk, UPZISNU Pacarpeluk, dan Pemerintah Desa Pacarpeluk terus berkordinasi dalam merespon kebutuhan masyarakat yang bisa diusahakan oleh pengelolaan dana koin sedekah secara proposional.(Kendi Setiawan)

BNI Mobile