::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Pesan Gus Yaqut Saat Lantik PC GP Ansor Kota Surabaya

Senin, 06 November 2017 21:40 Daerah

Bagikan

Pesan Gus Yaqut Saat Lantik PC GP Ansor Kota Surabaya
Surabaya, NU Online
Ketua PP GP Ansor H Yaqut Cholil Qoumas resmi melantik Pengurus Cabang GP Ansor Kota Surabaya Masa Khidmat 2017-2021, Ahad (5/10) di Hotel Tunjungan.

"Demi Allah sebagai Pengurus Gerakan Pemuda Ansor saya berjanji, bahwa saya dalam menerima jabatan pengurus Gerakan pemuda Ansor akan menjunjung tinggi ajaran Ahlussunnah wal jamaah," kata Gus Yaqut yang diikuti oleh pengurus GP Ansor yang baru dilantik. 

Gus Yaqut berpesan kepada pengurus baru PC GP Ansor Kota Surabaya agar berkhidmat sungguh-sungguh kepada GP Ansor dan NU.

"Tidak usah khawatir terhadap masa depan ketika kita berkhidmah secara tuntas, secara totalitas," kata Gus Yaqut panggilan akrab Ketua GP Ansor. 

Gus Yaqut juga mengingatkan kepada para pengurus yang baru dilantik terkait 4 karakter di dalam GP Ansor. 

"Karakter pertama, adalah karakter pemuda. Pemuda itu jangan dilihat umur. Jangan dilihat usianya. Tetapi pemuda harus dilihat dari semangatnya. Pemuda itu harus bergerak dengan cepat. Jika ada masalah, harus diselesaikan, bukan malah mengidarinya. Dan yang terpenting jaga kekompakan," tegas Gus Yaqut. 

Karakter kedua, lanjut Gus Yaqut, adalah karakter ke Islaman. "Kalian jangan mengaku pengurus PC  GP Ansor jika tidak mampu menunjukkan ciri ke Islaman."

Karakter ketiga, tambah Gus Yaqut adalah karakter kebangsaan.

"Karakter ini harus dimiliki pemuda GP Ansor. Dimana ada ancaman terhadap NKRI, disana ada GP Ansor yang siap membetengi. Para pendiri mendirikan Jamiyah Nahdlatul Ulama tujuannya untuk Indonesia," lanjut Gus Yaqut.

Sedangkan karakter terakhir adalah karakter karakyatan. 

"Kita tidak boleh membiarkan rakyat disekitar kita sengsara. Berikan advokasi kepada mereka yang mengalami kesulitan."

PC GP Ansor Kota Surabaya sendiri untuk masa Khidmat 2017-2021 dipimpin oleh HM Faridz Afif dan Sekretaris Abd Holil. Selain menggelar pelantikan pengurus, juga dilakukan pembagian hadiah para pemenang lomba Hari Santri yang diadakan oleh PC GP Ansor Kota Surabaya. 

Dalam prosesi pelantikan tersebut dihadiri oleh Ketua PWNU Jawa Timur KH Hasan Mutawakkil Alallah, Rais Syuriyah PCNU Kota Surabaya KH Mas Sulaiman Nur, Ketua PCNU Kota Surabaya Muhibbin Zuhri, Sekjen PP GP Ansor Adung Abdurrahman, dan Kasatkornas Banser Alfa Isnaeni, Ketua PW GP Ansor Jatim Rudi Tri Wahid, dan Wakil Ketua PW GP Ansor Jatim Abid Umar, dan Wakil Ketua PW GP Ansor Jatim yang juga menjabat sebagai Wagub Tranggalek Mochammad Nur Arifin. (RZ/Kendi Setiawan)