IMG-LOGO
Daerah

Yang Bertempur Lawan Tentara Inggris itu Berkopiah dan Bersarung

Senin 20 November 2017 20:51 WIB
Bagikan:
Yang Bertempur Lawan Tentara Inggris itu Berkopiah dan Bersarung
Trenggalek, NU Online
Pondok Pesantren Qomarul Hidayah (PPQH) —salah satu pesantren tertua di Trenggalek— menggelar Bincang Santai Nasionalisme Kaum Santri, Ahad (19/11). Kegiatan bertempat di aula PPQH II Tugu, Trenggalek, Bincang Santai mengambil tajuk Nasionalisme Religius Kaum Santri, Meneguhkan Kecintaan Kepada NKRI.

Bincang Santai yang diikuti seratusan santri dan banom NU Trenggalek menghadirkan Rijal Mumazziq Z, Ketua Lembaga Ta'lif wan Nasyr (LTN) PCNU Surabaya, dan Dosen UIN Maliki Malang Misbahus Surur.

Dengan selingan humor khas santri, Gus Rijal bercerita panjang lebar mengenai perjuangan para santri dan kiai dalam pertempuran November di Surabaya, karena adanya fatwa Resolusi Jihad dari Hadratussyaikh Hasyim Asy'ari.

"Jadi, jangan dikira yang bertempur melawan tentara Inggris itu berpakaian doreng bersenjata lengkap, gagah, seperti di film Rambo. Tapi (yang bertempur itu) mereka yang memakai sarung dan kopiah, dengan senjata seadanya," tutur Gus Rijal.

Sementara Surur memaparkan tentang kebhinekaan dan sifat toleran yang menjadi karakter masyarakat nusantara sejak sebelum Islam datang.

Selepas acara, Ketua Panitia, Gus Mahbub Cholil (Gus Abub) mengatakan kegiatan Bincang Santai tersebut merupakan agenda awal sebelum diadakan pelatihan jurnalistik santri.

"Santri Trenggalek harus menguasai jurnalistik untuk menghadapi propaganda dari media-media radikal dan intoleran yang merongrong NKRI," tutur Gus Abub. (Androw Dzulfikar/Kendi Setiawan)
Bagikan:
Senin 20 November 2017 22:30 WIB
Dua Tahun, Keaktifan Pelajar NU MAN 3 Tak Terbantahkan
Dua Tahun, Keaktifan Pelajar NU MAN 3 Tak Terbantahkan
Cirebon, NU Online
Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) dan Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Cirebon lantik salah satu Pimpinan Komisariat (PK) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Cirebon yang berada di wilayah lingkungan Pondok Pesantren Buntet, Ahad (19/11).  

Pimpinan Komisariat MAN 3 Cirebon baru terbentuk dua tahun yang lalu. Artinya kepengurusan yang baru saja dilantik ini adalah angkatan kedua. 

Ketua Pimpinan Cabang IPPNU Kabupaten Cirebon, Nurjannah mengatakan wwalaupun PK IPNU IPPNU 3 Cirebon terbilang masih sangat baru, namun termasuk sangat aktif di Kabupaten Cirebon. 

“Itu dibuktikan dengan selalu hadir dan terlibat dalam setiap undangan dan kegiatan yang diselenggarakan oleh PC IPNU-IPPNU Kabupaten Cirebon," ungkapnya.  

Tak sekadar itu, PK IPNU-IPPNU MAN 3 Cirebon juga kerap kali tampil mementaskan drama musikalisasi di momen-momen besar di Cirebon dan luar Cirebon.

"Tahun lalu pentas di Hari Santri Nasional yangg diselenggarakan oleh PBNU dan RMI di Yogyakara," Nurjannah menambahkan. 

Sementara Utami Barokah selaku Pembina PK IPNU-IPPNU MAN 3 Cirebon mengungkapkan rasa bersyukur karena MAN 3 Cirebon ini telah dibentuk IPNU-IPPNU.

“Mudah-mudahan PK IPNU IPPNU MAN 3 Cirebon selalu  semangat, antusias dan kompak dalam mengabdi di NU melalui IPNU-IPPNU," harapnya. (Jannet/Kendi Setiawan)
 

Senin 20 November 2017 22:3 WIB
JQHNU Sidoarjo Agendakan Sertifikasi Pengajar Al-Quran dan Imam Shalat
JQHNU Sidoarjo Agendakan Sertifikasi Pengajar Al-Quran dan Imam Shalat
Sidoarjo, NU Online
Ratusan guru formal, TPQ, BTQ, imam shalat jahriyah, madin dan pecinta Al-Qur'an mengikuti workshop tahsinul qiro'at dan tahfidzul qur'an yang diadakan oleh Pimpinan Cabang Jam'iyyatul Qurra' Wal Huffahz Nahdlatul Ulama (PC JQHNU) Sidoarjo di Aula PCNU setempat, Ahad (19/11).

Ketua JQHNU Sidoarjo H Imam Mukozali mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu guru-guru Al-Qur'an dengan memberikan pembekalan, pembinaan materi dan metodologi pengajaran Al-Qur'an.

"Kegiatan ini bagian dari pra-konferensi JQHNU Sidoarjo. Peserta yang mengikuti acara ini sekitar 150 orang. Saya berharap ini menjadi media untuk selalu mengikuti perkembangan ilmu terkait memahami Al-Qur'an," kata Imam.

Pihaknya, sambung Imam, akan mengadakan sertifikasi pengajar membaca dan menghafal Al-Qur'an, baik bagi pendidikan formal maupun nonformal. Bahkan, imam-imam shalat jahriyah harus disertifikasi (distandarkan) bacaannya.

Oleh sebab itu, pihaknya berharap ada respon positif dari instansi terkait mengenai kegiatan yang diselenggarakan oleh PC JQHNU Sidoarjo dan Ikatan Madrasatul Al-Quran (IAMQ) Tebuireng.

"Saya berharap ada tindak lanjut dari pihak atau instansi terkait, mas," harapnya. (Moh Kholidun/Alhafiz K)

Senin 20 November 2017 21:30 WIB
Pengurus Baru PMII Cirebon Bertekad Majukan Organisasi
Pengurus Baru PMII Cirebon Bertekad  Majukan Organisasi
Cirebon, NU Online
Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Cirebon menggelar pelantikan pengurus masa khidmat 2017-2018 dengan mengusung tema Menumbuhkan Kesadaran Kolektif untuk PMII Cirebon yang Progresif  di At Taqwa Center, Ahad (19/11). 

Ketua Umum PC PMII Cirebon Muhammad Zaki Mubarok mengatakan PMII Cirebon akan berusaha semaksimal mungkin menjalankan tugas sebagai pengurus cabang secara profesional.

"Selalu menjaga nama baik PMII dan terus menerus melakukan kaderisasi di PMII,” kata Zaki.
 
Ia juga berharap dalam kepengurusan kali ini, pihaknya bisa membawa PMII menjadi lebih baik lagi.
 
Pelantikan berlangsung dengan khidmat, dipimpin langsung oleh Pengurus Besar (PB) PMII yang dalam hal ini diwakilkan Ahmad Romzi, salah satu Pengurus Besar PMII di Bidang Hubungan Internasional. 

"Selamat kepada semua pengurus yang dilantik, semoga sahabat dan sahabati bisa mengemban amanah ini dengan baik dan jujur,” kata Romzi.
   
Ia berharap ke depan, PMII lebih progres dan masif lagi.

Pelantikan dihadiri Rektor IAIN Cirebon, H Sumanta, Direktur Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon Jamali, Ketua IKA PMII Cirebon H. Suteja Ibnu Pakar, DPRD Jawa Barat Hj. Imas Masitoh, Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah IAIN Cirebon H. Ilman Nafi’a, PCNU Kabupaten Cirebon, PCNU Kota Cirebon, banom NU se-Cirebon, serta  ratusan alumni PMII.

(Nurjannah/Kendi Setiawan)

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG