Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Peringati Maulid Nabi, Perguruan Islam Mathali'ul Falah Kajen Adakan Kemah

Peringati Maulid Nabi, Perguruan Islam Mathali'ul Falah Kajen Adakan Kemah
Jakarta, NU Online
Ketua Panitia Perkemahan 2017 Perguruan Islam Mathali’ul Falah (PIM) Kajen Choiruddin mengatakan, PIM menyelenggarakan kemah dalam rangka untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad di bulan Rabi'ul Awwal ini. 

“Tujuannya sebetulnya untuk memperingati Maulid Nabi,” kata Choiruddin di Pati, Rabu (29/11).

Selain itu, kemah ini juga menjadi ajang pembelajaran bagi siswa yang dilaksanakan di luar kelas sehingga mereka mengetahui situasi dan kondisi yang terjadi di masyarakat. 

“Ini juga untuk mendidik anak agar mereka tahu kondisi masyarakat sekarang seperti apa,” ucapnya. 

Menurut Choiruddin, melalui kemah ini siswa PIM diberikan bekal dan pengalaman untuk menghadapi segala bentuk persoalan masyarakat ketika mereka sudah lulus kelak.  

Berbeda dengan kemah-kemah yang lainnya, kemah yang diadakan Perguruan Islam Mathali’ul Falah ini memiliki kegiatan yang bersinggungan langsung dengan masyarakat sekitar. Ada dua kegiatan utama dalam perkemahan PIM ini, yaitu bakti sosial dan peribadatan.

Kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial diantaranya adalah santunan anak yatim, bakti sosial, pemberian bantuan untuk pembangunan tempat ibadah, pembagian sembako untuk dhuafa, dan penghijauan. Sedangkan kegiatan yang bersifat peribadatan adalah tahtiman bin nadzor dan bil ghaib.    

Tahtiman bil ghoib tahun ini diadakan di dua puluh mushola,” katanya. 

Tahun ini kemah PIM diadakan selama tiga hari, 27-29 November yang bertempat di Desa Ngetuk, Gunung Wungkal, Pati. Kemah ini diikuti 1346 siswa dan seratus lebih guru PIM. 

“Untuk tenda anak ada seratus sebelas, ketambahan tenda RT 4, dan tenda panitia ada 6,” tukasnya. (Red: Muchlishon Rochmat)
BNI Mobile