::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Kiai Marsudi: Muamalah Kenegaraan adalah Persoalan Ijtihadi

Rabu, 06 Desember 2017 18:30 Nasional

Bagikan

Kiai Marsudi: Muamalah Kenegaraan adalah Persoalan Ijtihadi
Jakarta, NU Online
Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Marsudi Syuhud menyampaikan, muamalah kenegaraan adalah persoalan ijtihadi sehingga tidak perlu menyalahkan atau menyamakan dengan negara lainnya.

Hal itu ia sampaikan saat menjadi pembicara pada program dialog di salah satu stasiun televisi swasta, Selasa (5/12).

Kiai Marsudi mengawali pembicaraannya dengan mengungkapkan, bahwa para ulama di Malaysia, Maroko, dan Mesir menemukan bentuk negaranya masing-masing.

“Begitu pula para kiai-kiai, founding fathers Republik Indonesia ini ber-ijtihad ketemu bentuk negaranya adalah negara Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila,” tegasnya.

Menurutnya, bentuk kenegaraan yang telah melalui proses pemikiran para kiai dahulu sudah merupakan bentuk yang paling tepat dan sesuai bagi bangsa Indonesia.

“Model yang seperti kita ini (model kenegaraan) adalah model yang paling tepat dan sesuai untuk bangsa Indonesia. Inilah yang terpenting,” ujarnya. (Syakirnf/Kendi Setiawan)