IMG-LOGO
Internasional

Saudi Izinkan Perempuan Kendarai Sepeda Motor dan Truk


Ahad 17 Desember 2017 13:30 WIB
Bagikan:
Saudi Izinkan Perempuan Kendarai Sepeda Motor dan Truk
Ilustrasi (© AFP)
Riyadh, NU Online
Arab Saudi pada Sabtu (16/12) pagi mengumumkan bahwa perempuan akan diizinkan mengemudikan truk dan sepeda motor. Demikian dilaporkan media pemerintah setempat.

Menurut Departemen Umum Lalu Lintas Arab Saudi, perempuan bisa mengendarai truk jika kondisi yang dipersyaratkan telah terpenuhi. Hal yang sama juga berlaku untuk sepeda motor.

Seperti disampaikan kantor berita Anadolu, departemen tersebut menegaskan, tidak akan ada diskriminasi terhadap mobil wanita dengan menerapkan plat atau nomor khusus.

Pada 26 September lalu, Raja Salam bin Abdul Aziz mengeluarkan dekret langka selama pemerintahan Arab Saudi dengan memperbolehkan perempuan menyetir. Keputusan tersebut secara resmi berlaku pada Juni 2018. 

Menteri Kebudayaan dan Informasi Arab Saudi Awad bin Saleh Al-Awad menilai, izin menyetir mobil bagi wanita merupakan keputusan bersejarah yang selaras dengan visi yang menghendaki kaum perempuan mendapat posisi yang tepat dan terlibat dalam pembangunan.

Arab Saudi merupakan satu-satunya negara di dunia yang tidak menerbitkan Surat Izin Mengemudi (SIM) bagi perempuan. Dengan dekret Raja Salman itu, para perempuan negeri kaya minyak ini akan leluasa mengendarai mobil pada pertengahan tahun 2018. (Red: Mahbib)

Tags:
Bagikan:
IMG
IMG