IMG-LOGO
Daerah

Di Tulungagung, Ratusan Pelajar Ikut Sosialisasi Pilkada Serentak


Senin 29 Januari 2018 07:23 WIB
Bagikan:
Di Tulungagung, Ratusan Pelajar Ikut Sosialisasi Pilkada Serentak
Tulungagung, NU Online
Dalam rangka menyukseskan pemilihan kepala daerah atau Pilkada serentak, Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama  dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama atau PC IPNU dan IPPNU Tulungagung mengadakan acara Pendidikan Pemilih Pemula dan Sosialisasi Pilkada Serentak 2018.

Kegiatan yang dilaksanakan di SMA Diponegoro, Sabtu (27/1)  tersebut hasil kerjasama dengan KPU Kabupaten Tulungagung dan dihadiri ratusan pelajar dari berbagai sekolah menengah atas di setiap kecamatan.

Setidaknya ada tiga materi yang disampaikan oleh tiga narasumber. Materi pertama yaitu tentang peran NU dalam menyukseskan pilkada yang disampaikan Muhtarom. 

Salah seorang tokoh NU di Tulungagung ini menyampaikan pentingnya menggunakan hak pilih. “Memilih pemimpin di dalam Pemilu hukumnya wajib, dan haram bagi yang golput. Walaupun golput itu hak asasi,” katanya. Karena itu, sudah seharusnya bagi warga NU termasuk pelajar untuk menentukan pilihan dengan memperhatikan sejumlah pertimbangan, lanjutnya. 

Sedangkan Nuruddin menjelaskan bagaimana para peserta dapat menjadi pemilih cerdas. 

Materi terakhir yakni sosialisasi langsung tentang pemilukada. Peserta mendapatkan gambaran secara lebih terinci soal pendaftaran peserta pemilu, tahapan, dan dasar penyelenggaraan pemilu. Materi ini disampaikan Fatah Masrun selaku Komisioner KPU.

Ketua PC IPPNU Tulungagung, Suliana menyampaikan bahwa terselenggaranya kegiatan sebagai bukti bahwa pelajar NU siap ikut serta dalam menyukseskan Pilkada serentak tahun 2018. "Dengan diadakan kegiatan ini, pelajar akan mengetahui peran mereka dalam pesta demokrasi," katanya. (Puspita Hanum/Ibnu Nawawi)
Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG